Bupati Malang H.M. Sanusi yang memberikan sambutan pada peluncuran buku komik destinasi wisata berjudul 'Si Juki Petualangan di Malang, Bromo-Tengger-Semeru'.
Bupati Malang H.M. Sanusi yang memberikan sambutan pada peluncuran buku komik destinasi wisata berjudul 'Si Juki Petualangan di Malang, Bromo-Tengger-Semeru'.

MALANGTIMES - Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI mulai melirik potensi wisata Kabupaten Malang. 

Bahkan, secara khusus memasukkan potensi wisata Kabupaten Malang dalam media promosi yang dirancang khusus untuk mengenalkan 10 destinasi pariwisata prioritas Indonesia.

Media promosi yang dimaksud berupa serial buku komik.

Kabupaten Malang salah satu yang dipilih karena dinilai banyak sekali potensi alam yang dapat digali dan dikembangkan. 

Seri ketiga buku komik ini berjudul 'Si Juki Petualangan di Malang, Bromo-Tengger-Semeru'.

Acara peluncuran buku komik seri ketiga yang berjudul 'Si Juki Petualangan di Malang, Bromo-Tengger-Semeru' , berlangsung di Ruang Rapat Lantai 19, Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Jakarta. 

Bupati Malang Sanusi hadir langsung dalam peluncuran komik tersebut.

Bupati Malang Sanusi mengaku bangga dengan keberadaan buku komik 'Si Juki Petualangan di Malang, Bromo-Tengger-Semeru' tersebut.

"Kebanggaan bagi Malang, terangkat suatu kisah yang dilalui Si Juki. Ini secara langsung Kabupaten Malang sangat diuntungkan dengan promosi wisata seperti ini," ungkap Sanusi Jumat (6/3/2020) saat peluncuran komik tersebut.

Sanusi juga menambahkan untuk akses ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru dapat melalui Kabupaten Malang.

Karena untuk fasilitas juga telah memadai mulai dari bandara hingga akses jalan menuju tempat tujuan.

"Bromo Tengger Semeru akses terbesarnya dari Kabupaten Malang. Kalau ke Bromo dan ingin menikmati panorama paling indah maka lewatlah  Kabupaten Malang. Meskipun kawasan Bromo Tengger Semeru ada di 4 daerah yakni Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, dan Kabupaten Malang," beber Sanusi.

Ia juga menyampaikan Kabupaten Malang dipilih satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas Indonesia tentu karena keragamannya.

"Salah satu alasan kenapa Kabupaten Malang diangkat Si Juki, karena memiliki keragaman objek wisata, mulai wisata alam, budaya, hingga mendapat julukan 1.000 pantai dan 1.000 coban," imhuhnya.

Meskipun banyak potensi alam di Kabupaten Malang namun masih banyak destinasi wisata milik Perhutani.

"Jadi, Kabupaten Malang belum punya kewenangan penuh mengelolanya," tutur Sanusi.

Buku komik berjudul 'Si Juki Petualangan di Malang, Bromo-Tengger-Semeru' ini merupakan seri ketiga yang memperkenalkan destinasi wisata prioritas Indonesia. 

Sebelumnya terdapat seri pertama dan seri perkenalan yaitu Si Juki 'Petualangan di Labuan Bajo Flores' dan seri kedua Si Juki 'Petualangan di Belitung' yang telah diluncurkan oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi.