Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Otoda Perkuat Kolaborasi Pusat-Daerah: Kabupaten Malang Rasakan Manfaatnya

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

25 - Apr - 2024, 15:36

Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII tahun 2024 di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Kamis (25/4/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII tahun 2024 di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Kamis (25/4/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Hari otonomi daerah (otoda) diperingati di Indonesia sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996 tertanggal 7 Februari 1996 yang menetapkan tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah. 

Hingga 2024 ini, Hari Otonomi Daerah di Indonesia sudah diperingati hingga ke XXVIII. Bupati Malang HM. Sanusi sebagai orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang itu mengungkapkan, dengan diterapkannya sistem otonomi daerah di tiap-tiap daerah di Indonesia akan semakin memperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. 

"Itu berkolaborasi (pemerintah pusat dengan pemerintah daerah). Sudah banyak dilakukan di Kabupaten Malang. Sehingga banyak program-program kementerian yang dilaksanakan di Kabupaten Malang," ungkap Sanusi kepada JatimTIMES.com, Kamis (25/4/2024). 

Sanusi pun kemudian membeberkan sejumlah jalinan kerja sama yang terjalin antara Pemkab Malang dengan beberapa kementerian. Di antaranya dengan Kementerian Pertahanan RI, Pemkab Malang akan bekerja sama dalam hal peningkatan ketahanan pangan. 

Pemkab Malang juga telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI dalam beberapa hal yang berkaitan dengan infrastruktur. Mulai dari perbaikan dan pelebaran infrastruktur jalan, jembatan hingga pemenuhan air bersih.  Selain itu, Pemkab Malang juga berencana akan melakukan kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI terkait dengan beberapa hal untuk menunjang pemenuhan kebutuhan lingkungan hidup di Kabupaten Malang. 

Menurutnya, Pemkab Malang bersama seluruh masyarakat Kabupaten Malang telah merasakan banyaknya manfaat ketika sistem otonomi daerah diterapkan. Pasalnya, kesejahteraan dan demokrasi di Indonesia yang menjadi tujuan utama dari penerapan sistem otonomi daerah semakin terjamin. 

Hal itu dikarenakan, dengan diterapkannya sistem otonomi daerah di setiap daerah, maka pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat akan semakin efektif, efisien dan ekonomis. 

Pasalnya, urusan pemerintahan dapat dikelola secara bersama-sama, sesuai dengan tugas dan wewenang masing-masing pemerintah di setiap tingkatan yang mengacu pada peraturan perundang-undangan. 

"Dengan begitu, ada tuntutan bagi pemerintah daerah untuk mampu mengaktualisasikan kepentingan masyarakat dan mengimplementasikan ke tata kelola pemerintahan yang lebih partisipatif, transparan, akuntabel serta responsif," jelas Sanusi. 

Selain itu, penguatan partisipasi masyarakat akan lebih terasa, ketika sistem otonomi daerah diterapkan. Pasalnya, masyarakat dilibatkan secara langsung dalam menentukan kepala daerah melalui Pilkada. 

Kemudian, penyusunan peraturan daerah mengenai APBD hingga perencanaan pembangunan daerah juga harus melibatkan partisipasi masyarakat. Sehingga, pada akhirnya akan menumbuhkan kepercayaan, toleransi, kerja sama, solidaritas, serta rasa memiliki yang tinggi dalam masyarakat terhadap pembangunan di daerah. Lebih lanjut, penguatan partisipasi masyarakat yang bertanggung jawab dan tidak anarkis, dapat menciptakan daerah yang ramah investor atau investment friendly. 

"Sehingga dapat mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkas Sanusi.
 


Topik

Pemerintahan hari otonomi daerah otoda bupati malang pemkab malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana