Petugas saat membersihkan area terdampak bencana di di kawasan Jalan Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu, Jumat (14/2/2020). (Foto: istimewa)
Petugas saat membersihkan area terdampak bencana di di kawasan Jalan Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu, Jumat (14/2/2020). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan bencana di kawasan Jalan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Jumat (14/2/2020). Bencana yang melanda lagi-lagi adalah air meluap.

Air yang meluap itu bercampur lumpur. Ranting-ranting dan sebagian sampah juga terbawa.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBDKota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, selama beberapa jam curah hujan di Kota Batu cukup tinggi. “Sehingga air meluap sampai ke jalan san merusak ladang warga,” ujarnya.

 Akibat bencana itu, tanaman milik warga mengalami kerusakan dengan luasan kurang lebih 50 meter persegi. “Ketika air sungai ini meluap, bukan hanya meluap di ladang, tetapi juga di area persawahan karena memang letaknya berdekatan,” imbuhnya.

Tim BPBD Kota Batu, Polsek Batu, Koramil Batu, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, Tagana Kota Batu, garda relawan dan sebagainya langsung menuju ke lokasi. Langsung dilakukan pembersihan sungai dari sampah dan kayu yang menutup aliran  secara manual.

“Kemudian juga kami lakukan dengan membuat bendungan atau penahan air sementara agar aliran air lancar dan tidak berbelok ke lahan warga,” tambah Rochim.

Selanjutnya, tim BPBD  berkoordinasi dengan pihak desa dan instansi terkait untuk normalisasi sungai dan saluran air di sekitarnya.