Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Instagram Puan Maharani)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Instagram Puan Maharani)

MALANGTIMES - Universitas Diponegoro (Undip) menjadi trending topic di Twitter lantaran menganugerahkan gelar doktor honoris causa kepada Ketua DPR Puan Maharani. Gelar kehormatan untuk putri Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri itu diberikan dalam bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan manusia.

Warganet lantas mempertanyakan apa jasa Puan terhadap bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan manusia tersebut.

"Universitas Diponegoro (Undip) menganugerahkan gelar Doktor HC kepada ibu Puan Maharani dalam bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan manusia. Ada yang tahu, kebijakan dari beliau yang mana yang membuat Undip memberikan gelar tersebut kepadanya?" ujar @Anna_MaSue

Beberapa warganet menjawab bahwa Puan diberi gelar tersebut atas kebijakan orang miskin sebaiknya diet. Berikut beberapa komentarnya.

"Lho, beliau kan penemu teori kebijakan orang miskin sebaiknya diet. Itu sungguh teori yang warrrbiyasyah sehingga patut diberi gelar Humoris Causa!!" jawab @SektianaDwie.

"Dari zaman belio jadi menteri, saya nggak pernah tahu kerja dan program belio. Yang saya tahu ketika belio jadi oposisi belio sampe nangis-nangis gara-gara beras mahal dan BBM naik. Ketika jadi menteri berubah 180° rakyat miskin disuruh diet. Luar biasa," ucap @anakbundaaku.

Menurut penelusuran, Puan memang pernah mengucapkan pernyataan tersebut
26 Januari 2016 lalu di Bali saat ia masih berstatus sebagai menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan.

Sambil berseloroh, Puan meminta rakyat miskin untuk diet dan tidak makan terlalu banyak. "Jangan banyak-banyak makan lah, diet sedikit tidak apa-apa," gurau Puan dilansir dari Merdeka.com.

Sementara, yang lain menuduh Undip menjilat dan dibayar. "Undip dibayar pastinya. Gelar HC itu bisa saja dibeli. Gak ada kebijakan Puan yang berdampak pada kehidupan sosial kemasyarakatan. Dia cuman nenen sama emaknya aja," ujar @OrangKoslet.

"Terus jilat sampai mengkilat. Kampus saja sudah seperti itu. Bagaimana hasil didikannya," ucap @OpiniRakyat2.

"Cie kampus yang tak ubahnya untuk kepentingan politik. Undip Undip," kata @Provokate_.

Dilansir dari Kumparan, penganugerahan untuk Puan digelar dalam sidang terbuka senat akademik di Gedung Prof Sudarto, Kampus Undip Semarang, Jumat (14/2/2020). Keputusan ini ditandatangani Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama pada  29 Januari.

Sebelum menerima gelar doktor honoris causa, Puan berpidato di sidang senat berjudul "Kebudayaan sebagai Landasan Utama Membangun Manusia Indonesia Berpancasila Menuju Era Masyarakat 5.0".