Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Pemkot Malang Luncurkan Logo HUT Ke-108 Tahun, Usung Tema Kolaborasi, Akselerasi, dan Bangkit Bersama

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Mar - 2022, 12:17

Placeholder
Logo resmi HUT ke-108 Tahun Kota Malang yang telah diluncurkan. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-108 Kota Malang  pada 1 April 2022 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meluncurkan logo dan tema resmi HUT, Selasa 15 Maret 2022.  Tema yang diambil adalah "Kolaborasi, Akselerasi dan Bangkit Bersama".

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, pilihan tema tersebut merefleksikan semangat kebangkitan dalam bingkai keselarasan langkah mewujudkan visi dan misi pembangunan Kota Malang Bermartabat. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir, Kota Malang menghadapi tantangan pandemi covid-19. 

"Kita sudah melihat sejumlah indikasi empirik positif. Untuk bangkit bersama, kita butuh kolaborasi, bersatu sehingga ada akselerasi pembangunan yang menyejahterakan," ungkap Sutiaji. 

Orang nomor satu di Pemkot Malang ini menyampaikan, optimisme akan kebangkitan tidak terlepas dari penanganan pandemi covid-19 yang semakin baik sebagai modal penting membangun kembali sendi-sendi ekonomi dan sosial kemasyarakatan. 

Ketika era awal pandemi covid-19, perekonomiam Kota Malang sempat terkontraksi di angka -2,26 persen di tahun 2020. Namun, seiring berjalannya waktu, perekonomian Kota Malang semakin tumbuh dan melesat di angka 4,21 persen pada tahun 2021. 

Lebih lanjut, dalam perkembangannya, realisasi pendapatan asli daerah (PAD) juga mengalami peningkatan. Yakni pada  2020 sebesar Rp 491 miliar, kemudian pada 2021 sebesar Rp 603 miliar. Selain itu, indeks pembangunan manusia (IPM) juga mengalami peningkatan di angka 82,04 persen tahun 2021. 

Hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) dan infrastruktur strategis seperti Jembatan Tunggulmas, sekolah-sekolah baru dan terus berprosesnya Malang Creative Center (MCC) serta ditopang dengan akuntabilitas kinerja pemerintahan berpredikat sangat baik secara nasional menjadi tambahan modal optimisme menjalani tahun 2022. 

Wali Kota Malang Sutiaji dan Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko.

Kesemuanya dirangkum dalam narasi HUT Ke-108 Kota Malang yang dimaknai dalam tema resmi, yakni Kolaborasi, Akselerasi dan Bangkit Bersama. 

Kolaborasi

Makna dari tema "kolaborasi" yang dimaksud adalah Kota Malang yang sarat dengan sejarah, budaya dan potensi diyakini akan tumbuh menjadi kota terkemuka di kancah nasional bahkan dunia dengan mengusung semangat kolaborasi antara pemerintah, akademisi, masyarakat, media, perbankan dan jasa keuangan, serta dunia usaha. Semua itu untuk memaduserasikan sumber daya dan talenta untuk satu tujuan. Satu simfoni dalam ragam warna adalah energi untuk kota dan bangsa ini.

Akselerasi

Makna dari tema "akselerasi" dimaksudkan bahwa Kota Malang memiliki keyakinan bahwa berbekal energi yang dialirkan lewat kolaborasi akan melahirkan momentum percepatan pemulihan ekonomi dan pencapaian target-target pembangunan. 

Bangkit Bersama

Makna dari tema "bangkit bersama" dimaksudkan bahwa Kota Malang ingin mewujudkan kebangkitan yang bisa dirasakan seluruh masyarakat lewat program, kegiatan, inisiatif, inovasi pembangunan yang semakin inklusif dan berkelanjutan.  

Ketiga esensi tema resmi tersebut juga menjadi dasar perumusan logo resmi HUT ke-108  Kota Malang. Terdapat empat elemen utama dari desain logo. 

Elemen pertama adalah angka "108th" berwarna biru yang menjadi penanda usia dan warna kebanggaan Kota Malang. Elemen kedua adalah elemen maskot Osi-Ji dengan gestur bersemangat untuk bersinergi.

Kemudian elemen ketiga yakni tulisan Kota Malang berwarna hijau disertai narasi tema sebagai representasi warna lambang pemerintahan dan cita-cita kesejahteraan.  Lalu terakhir elemen keempat yakni kelopak bunga yang bermakna Malang sebagai kota bunga siap bermekaran secara sosial dan ekonomi dalam menghadapi pandemi covid-19. 

M Zahri Fikri

Maskot bernuansa futuristik ini dirancang oleh M. Zahir Fikri. Zahir merupakan salah satu desainer grafis muda ternama dari Kota Malang melalui proses kurasi oleh Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang. 

Maskot HUT Kota Malang Ke-108 Tahun bernuansa futuristik yang terwujud dari hasil tangan kreatif desainer grafis muda Kota Malang, Wali Kota Malang Sutiaji pun mengapresiasi atas kreativitas tersebut. 

"Saya bangga sekali dan terima kasih atas peran anak-anak muda Malang yang telah melahirkan karya luar biasa. Insya Allah logo terpilih ini mewakili semangat kita untuk bangkit," tegas Sutiaji. 

Sementara itu, Ketua ADGI Chapter Malang Adreas Sjah Pahlevi menjelaskan, terdapat tiga desain yang ditawarkan oleh tiga desainer grafis terpilih. Semuanya telah melalui proses yang memperhatikan dalam perancangan desain secara profesional.

Dimulai dari pemilihan kandidat member ADGI Chapter Malang dengan metode seleksi portofolio; workshop dan briefing; proses perancangan; evaluasi; presentasi untuk pemilihan desain terpilih melalui forum group discussion (FGD) hingga dokumentasi aset desain final.

"Kami mengapresiasi keterbukaan Pemkot Malang yang menggandeng desainer lokal sebagai bentuk kolaborasi nyata dan semoga ini terus berkelanjutan," pungkas Andreas. 

logo-pemkot-kominfo6262e380ae87923c.png


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni