Pengecekan rusunawa ASN Kepanjen yang akan dijadikan ruang isolasi bagi warga terindikasi atau positif Covid-19 (dd Nana)
Pengecekan rusunawa ASN Kepanjen yang akan dijadikan ruang isolasi bagi warga terindikasi atau positif Covid-19 (dd Nana)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bersiap untuk menyulap rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) ASN yang terletak di kawasan Block Office Kepanjen. Sebagai ruang isola bagi masyarakat, baik dalam maupun luar wilayah yang terindikasi virus Covid-19.

Kesiapan itu pun terlihat dengan adanya pengecekan di Rusunawa ASN yang secara fungsi telah siap untuk menjadi rumah sementara para ASN Kabupaten Malang, oleh tim Satgas Covid-19 serta perwakilan dari DPRD, Selasa (31/3/2020).

Baca Juga : Ranking 5 Se-Jatim, Petugas Medis dan Dosen di Kabupaten Malang Ada yang Positif Covid-19

Pengecekan itu juga melibatkan pihak Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Perumda Tirta Kanjuruhan, terkait kesiapan fisik bangunan rusunawa yang dibangun dari hibah APBN sebesar Rp 15 miliar.

Hal itu juga ditegaskan oleh Bupati Malang Sanusi, yang menyatakan, Rusunawa ASN memang diputuskan untuk jadi ruang isolasi sementara bagi masyarakat yang diduga terinfeksi Corona.

"Ini kesepakatan Forkompinda. Dimana rusunawa ASN sementara akan jadi ruang isolasi bagi warga dari luar kota yang masuk zona merah maupun Suspect Corona," katanya, Selasa (31/3/2020).

Kesepakatan itu diambil dikarenakan, Rusunawa ASN berlantai 4 dengan kamar sejumlah 57 unit yang siap dihuni serta fasilitas pendukungnya telah tersedia. Sehingga hal itu pula yang membuat Pemkab Malang pun memberikan lampu hijau Rusunawa ASN sementara dijadikan ruang isolasi.

Walau telah dilakukan kesepakatan dan cek Rusunawa ASN, Sanusi belum bisa langsung melakukan alih fungsinya. Pasalnya, perlu adanya tahap administrasi dan pemberitahuan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dikarenakan anggaran pembangunan berasal dari pusat.

Hal itu yang sedang secepatnya ditindaklanjuti. Sehingga alih fungsi Rusunawa ASN jadi ruang isolasi pasien terduga dan atau positif Corona bisa dilaksanakan.

Baca Juga : Ketidakjujuran Pasien Akibatkan 15 Tenaga Medis RSM Ahmad Dahlan Kota Kediri Isolasi Diri

Ke depan, lanjut Sanusi, Rusunawa ASN selain sebagai ruang isola juga akan ada posko baginpersonil gabungan yang melakukan penjagaan. Selain itu sebagai ruang untuk mendata dan monitoring perihal perkembangan Covid-19.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, juga membenarkan hal itu.
"Benar, Rusunawa ASN akan dijadikan ruang isolasi. Ini juga sudah disampaikan langsung oleh pak Bupati. Tadi siang dilakukan pengecekan terkait persiapan itu," ucapnya ke wartawan.

Sebagai informasi, dari laman Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, data terkait sebaran virus Corona per 30 Maret 2020 kemarin, orang dalam risiko (ODR) telah mencapai  618 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 61. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat  17 orang serta terkonfirmasi positif sejumlah 5 orang dengan 1 meninggal.