Ketua Bamusi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Sanusi (kiri) saat memberikan beras secara simbolis bersama Ketua DCP PDI Perjuangan Didik Gatot Subroto (2 dari kanan) (Ist)
Ketua Bamusi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Sanusi (kiri) saat memberikan beras secara simbolis bersama Ketua DCP PDI Perjuangan Didik Gatot Subroto (2 dari kanan) (Ist)

MALANGTIMES - Di tengah pandemik Corona, berbagai kalangan turun tangan untuk meringankan dampak ekonomi yang terasa semakin menyengat masyarakat. Tak terkecuali di Kabupaten Malang, yang masuk dalam wilayah zona merah Corona dan mulai banyaknya larangan resmi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

Kini, melalui aksi sosial dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, yang menggalang kepedulian masyarakat dan para kadernya, telah terkumpul 45 ton beras yang akan dibagikan secara gratis ke masyarakat yang terdampak Corona.

Baca Juga : Di Jalanan, Senyum-senyum Merekah Menerima Sembako Bantuan UIN Malang

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Didik Gatot Subroto. Di mana, Ketua DPRD Kabupaten Malang ini menyampaikan, sumbangan dari donatur dan para kader PDI Perjuangan itu akan dibagikan secara gratis ke masyarakat sasaran.

"Sumbangan ini gratis dan akan didistribusikan ke masyarakat sasaran yang terdampak Corona," ucapnya, Senin (30/3/2020) saat mendampingi Bupati Malang Sanusi yang juga sebagai Ketua Bamusi (Baitul Muslimin Indonesia) DPC PDI Perjuangan yang menyerahkan secara simbolis bantuan beras.

Masyarakat sasaran yang akan mendapatkan beras itu, lanjut Didik, adalah para buruh, pedagang kaki lima, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pondok pesantren, panti asuhan hingga masyarakat miskin.

Didik juga menyampaikan, bahwa aksi sosial itu merupakan yang pertama kali dilakukan. Serta diharapkan menjadi bagian dalam dukungan untuk saling membantu ditengah pandemi Corona, khususnya bagi masyarakat yang ekonominya terdampak secara langsung.

"Karena itu untuk aksi sosial ini kita sasar beberapa golongan masyarakat yang terdampak langsung," ujarnya.

Baca Juga : Jika Covid-19 Sampai Menyebar di Korea Utara, Kim Jong Un Beri Ancaman Ini pada Pejabatnya

Sanusi, secara terpisah, menyampaikan bahwa pembagian beras gratis merupakan aksi sosial awal yang akan dilakukan PDI Perjuangan. Ke depan, lanjutnya, bakal ada pembagian bantuan sosial lainnya berupa bahan pokok selain beras.
"Bantuan sosial beras sebagai langkah awal atau sementara. Nanti akan kita galang bahan pokok lainnya," ujarnya.

Bantuan sosial itu, lanjut Sanusi yang senada dengan Didik, merupakan wujud gorong royong dari PDI Perjuangan dengan masyarakat atau donatur untuk melawan dampak virus Corona di tengah masyarakat. Harapan besarnya, bahwa seluruh elemen di Kabupaten Malang pun mulai bergerak juga untuk melakukan aksi sosial ekonomi itu.