MALANGTIMES -  Ketua Fraksi PDI Perjuangan  DPRD Provinsi Jawa Timur Dr Sri Untari MAP mengajak seluruh lapisan masyarakat, partai politik, dan seluruh komponen  untuk bahu-membahu bersama pemerintah melawan penularan corona (covid-19).

 Menurut Sri Untari, dibutuhkan kebersamaan dan dukungan semua pihak untuk memutus mata rantai penularan covid-19. "Mari bersama semua pihakuntuk ambil bagian dalam penanganan covid-19. Pemerintah Kota dan Kabupaten Malang  dan Batu sudah berupaya dengan berbagai cara agar tidak ada penyebaran,"tutur wanita yang juga sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu.

Baca Juga : Di Jalanan, Senyum-senyum Merekah Menerima Sembako Bantuan UIN Malang

Untari mengajak masyarakat untuk patuh terhadap aturan pemerintah.bkampanye social distancing yang dilakukan pemerintah sudah seharusnya ditaati. Jadi, semaksimal mungkin masyarakat  tidak bergerombol.       

"Pemerintah berkali-kali mengampanyekan  social distancing dan beraktivitas, belajar dan bekerja dari rumah. Ini harus dipatuhi secara bersama. Kita harus disiplin karena salah satu cara penularannya kontak  langsung," tukasnya.

 Bagi yang tidak ada keperluan mendesak, lanjut Sri Untari, sebaiknya  tidak usah keluar rumah. Apalagi sampai  begadang, itu akan bermasalah bagi kesehatanya. Sebab, kalau daya tubuhnya lemah, sangat rentan tertular dan kemasukan virus.

 Selain itu, masyarakat harus selalu menjaga kebersihan, dengan ering melakukan cuci tangan dengan sabun sebelum makan dan minum, menghindari mengusap wajah, memegang hidung, dan memegang bagian wajah lainnya.

 "Kita tidak tahu namanya virus itu, kapan datangya kapan menempel di tangan kita. Makanya sesering mungkin melakukan cuci tangan dengan sabun," tambahnya.

 Selain itu, dalam kondisi seperti ini, masyarakat harus benar-benar menjaga pola makan dan pola hidup dengan melakukan olahraga rutin. "Kalau orangnga sehat akan kebal dengan virus," tambahnya.

Baca Juga : Quraish Shihab Tegaskan Wabah Covid-19 Bukan Azab Allah

Ia menambahkan, dengan mematuhi ketentuan pemerintah, masyarakat secara tidak langsung sudah menjaga dirinya sendiri dan membantu mengurangi orang yang ke rumah sakit.

 "Jaga diri sendiri itu lebih baik. Dokter dan perawat kita masih terbatas..sementara pasien terkonfirmasi positif jumlahnya terus bertambah. Sekarang secara nasional sudah 1.155.bjangan ditambahi lagi. Kasihan mereka. Makanya senyampang masih sehat. harus bersyukur dengan cara mematuhi imbauan pemerintah,"pinta Sri Untari.

Wanita yang juga ketua Dekopin Pusat itu juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang yang terus-menerus melakuakn penanganan covid-19 dengan tanpa lelah. 

"Terima kasih kepada pemerintah daerah, Pak Polisi, Pak TNI, kepala rumah sakit, para dokter, perawat, apoteker,  relawan dan semua pihak yang telah berperan aktif dalam menanggulangi covid-19. Semoga semuanya diberi kesehatan dan kekuatan.. Semoga persoalan ini bisa segera berakhir," ujar Sri Untari.