Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata saat akan memasuki kantor polresta melewati bilik semprot disinfektan terlebih dulu. (ist)
Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata saat akan memasuki kantor polresta melewati bilik semprot disinfektan terlebih dulu. (ist)

MALANGTIMES - Pemberlakuan sterilisasi pencegahan covid 19 dengan penyemprotan berlapis saat ini telah dilakukan di Polresta Malang Kota. Mulai dari gerbang masuk hingga menuju pintu masuk kantor Polresta Malang Kota, para tamu bakal menjalani tiga kali penyemprotan disinfektan.

Perihal standar operational procedure (SOP) tersebut,  meski nantinya wabah covid 19 telah mereda,  SOP ketat tersebut tetap akan dilakukan terhadap semua anggota dan para tamu yang berkunjung ke Polresta Malang Kota. "Sampai nanti dinyatakan telah aman, kami akan tetap lakukan SOP ini," ucapnya.

Baca Juga : Deretan Fakta Bentrok TNI Vs Polri di Papua yang Tewaskan 3 Anggota Polisi

Penerapan SOP yang tetap berjalan nantinya ini tentu menjadi hal positif dalam pembelajaran pola hidup bersih dan steril sehingga bisa menghindarkan dari kuman-kuman atau virus-virus penyakit.   "Jadi, saat kendaraan masuk, pintu kaca dibuka semua dan kemudian otomatis akan disemprot. Setelah penumpang turun, mereka diarahkan menuju tenda sterilisasi. Di situ sama mereka akan disemprot dengan cairan disinfektan," ungkapnya.

Setelah keluar tenda sterilisasi, sambung kapolresta, para tamu akan kembali menjalani tahapan selanjutnya dengan mencuci tangan dengan sabun cair pada wastafel.

Setelah itu, kemudian para tamu masuk ke dalam bilik penyemprotan disinfektan kembali dan diharuskan memutar badan agar seluruh badan terkena disinfektan.

"Begitu keluar dari bilik, di lobi depan akan diberikan hand sanitizer dan dilakukan pengecekan suhu. Jika suhu normal, akan dipersilakan masuk dengan dibantu petugas karena pintu masuknya menggunakan kartu khusus," terang dia.

Baca Juga : Hotel Pondok Jatim Park Sudah PHK 41 Karyawan

Kapolresta juga menyampaikan, dalam tiga kali penyemprotan ini, komposisi cairan yang disemprotkan adalah sama.  Cairan disinfektan yang disiapkan sesuai dengan peraturan yang disiapkan oleh menteri kesehatan. "Jadi, berapa komposisi persentase cairannya dan apa jenisnya sudah sesuai aturan," pungkasnya.