Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

MALANGTIMES - Pasien yang terinfeksi virus corona asal Kabupaten Blitar, Jawa Timur, yang dirawat di RSUD Pare, Kabupaten Kediri, dinyatakan sudah negatif corona alias sembuh.

 Direktur RSUD Kabupaten Kediri (RSKK) Pare Dr Ibnu Gunawan mengatakan, pasien telah melalui serangkaian perawatan. Dari hasil tes swab terakhir, pasien dinyatakan negatif dan dipastikan sembuh total. Sehingga, pasien dapat dipulangkan dan tetap mendapat pemantauan dari tenaga medis secara berkala.

"Hasil pemeriksaan laboratorium sudah kami dapatkan dan ditegaskan bahwa PDP yang sebelumnya dinyatakan positif telah dinyatakan negatif. Artinya sembuh total," kata Ibnu Gunawan.

Ibnu menyampaikan, kondisi pasien tersebut terus membaik. Pasca-dinyatakan positif corona, wanita asal Blitar tersebut terus menunjukkan perkembangan yang baik. Hingga pada akhirnya pada tes swab terakhir telah dinyatakan negatif corona.

Sebelum dinyatakan negatif corona, pasien itu merupakan rujukan dari Kabupaten Blitar ke RSUD Pare untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pasien memiliki riwayat pulang dari Bogor karena suaminya orang Bogor.

Saat kembali ke Blitar, yang bersangkutan sakit dan sempat dirawat tiga hari di rumah sakit Blitar hingga kemudian dirujuk ke RSUD Pare

Untuk melakukan langkah pencegahan,  Pemkab Kediri meminta agar masyarakat berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan. Jika pernah singgah di daerah yang ditemukan pasien positif virus corona, dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri. Sesuai protokol adalah 14 hari dan jika tidak ada gejala sakit mirip terinfeksi virus corona, dinyatakan sehat.