Data peta sebaran Covid-19 di Kota Batu. (Data: pemkotbatu_official)
Data peta sebaran Covid-19 di Kota Batu. (Data: pemkotbatu_official)

MALANGTIMES - Hingga Kamis (26/3/2020) belum ditemukan kasus positif Covid-19 atau pasien terpapar virus Corona di Kota Batu. Meski demikian, tercatat hingga Rabu (25/3/2020) pukul 15.00 total terdapat 54 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di kota wisata ini.

Jumlah itu mengalami lonjakan sejak Jumat (20/3/2020). Rinciannya sejak Jumat itu ada 11 ODP, kemudian pada 21 Maret ada 16 ODP, 22 Maret ada 27 ODP, lalu pada 23 Maret bertambah 35 ODP, di hari berikutnya bertambah 5 orang menjadi 40 ODP. Dari 40 ODP itu di hari Rabu mengalami lonjakan cukup tinggi mencapai 14 orang, sehingga menjadi 54 ODP.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta kepada warganya agar tidak panik, namun tetap waspada terkait lonjakan jumlah ODP. Menurutnya, yang terpenting saat ini untuk menjaga jarak kurang lebih satu meter.

“Hindari keramaian atau jaga jarak interaksi sosial. Dan hindari kunjungan untuk ke wilayah terinfeksi,” ucapnya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk melakukan pencegahan Covid-19 dengan beberapa tindakan. “Mulai dari beraktivitas di rumah, rajin cuci tangan, jaga pola hidup sehat, olahraga yang teratur, sering berjemur, konsumsi makanan memadai,” jelas politisi PDIP ini.

Kemudian agar banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C. Sedang dari data tim Satuan Tugas  Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan Covid-19 rincian dari 54 ODP yakni di kawasan Kecamatan Bumiaji terdapat di Desa Bulukerto ada 2 ODP. Di Desa Giripurno ada 2 orang.

Kemudian di Desa Gunungsari ada 3 orang. Lalu di Desa Tulungrejo dan Pandanrejo terdapat satu orang. Sedangkan di Kecamatan Batu ada di Desa Oro-Oro Ombo, Desa Sumberejo, Desa Sidomulyo terdapat satu orang.

Lalu di Kelurahan Ngaglik dan Desa Pesanggrahan ada 5 orang. Dengan jumlah ODP terbanyak di Kelurahan Sisir ada 8 orang. Di Kelurahan Temas terdapat 2 orang, dan Kelurahan Songgokerto terdapat 3 orang.

Dan di Kecamatan Junrejo ada 2 ODP di Desa Torongrejo dan Desa Junrejo. Sedangkan untuk di Desa Beji ada 4 orang, Desa Mojorejo ada 3 orang. Dan untuk orang dengan resiko (ODR) tercatat ada 389 orang.