Ilustrasi pasien. (Foto: istimewa)
Ilustrasi pasien. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Perkembangan kasus Covid-19 konfirmasi positif hari Rabu kemarin (25/3/2020) sebanyak 105 kasus. Jumlah tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan  (Polymerase Chain Reaction) PCR.

"Ada tambahan konfirmasi positif sebanyak 105 kasus," kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr Achmad Yurianto pada konferensi pers di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Ia juga mengklarifikasi jumlah kasus positif Selasa (24/3/2020) bukan 686, melainkan 685. Ada 1 pasien tercatat di dua rumah sakit dengan nama yang hampir mirip.

"Sudah kita konfirmasi ke daerah bahwa riilnya 685, ditambah sekarang 105 sehingga total 790 kasus," katanya.

Sementara itu jumlah pasien sembuh ada 31 pasien dan meninggal 58 pasien.

dr. Yuri menekankan bahwa jaga jarak dan mencuci tangan menjadi dua faktor penting dalam memutus rantai penularan virus corona.

"Pertama jaga jarak dalam berinteraksi sosial, bukan hanya di luar rumah tapi di dalam rumah pun diupayakan untuk bisa menjaga jarak," jelasnya.

Kedua, lanjut dia, kalau ada yang sakit pakai masker dan yang lebih penting adalah cuci tangan pakai sabun, bukan hand sanitizer. Cuci tangan lebih efektif menggunakan sabun dibandingkan dengan hand sanitizer.

"Karena dengan sabun kita akan menggunakan air mengalir dan kita bisa membasuh seluruh celah kuku dengan baik dibanding menggunakan hand sanitizer," tandasnya.