Ruwiyanto, Humas BMH Jatim Gerai Malang saat memberikan tips bagiannya meramu cairan disinfektan (Ist)
Ruwiyanto, Humas BMH Jatim Gerai Malang saat memberikan tips bagiannya meramu cairan disinfektan (Ist)

MALANGTIMES - Cairan disinfektan saat ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah Pandemi Covid 19. Cairan ini berfungsi membunuh jamur, bakteri atau kuman yang ada di sekitar kita.

Melihat banyaknya kebutuhan akan disinfektan saat ini, terlebih lagi di pasaran juga mulai langka dan mahal, membuat masyarakat mengalami kendala untuk mendapatkan disinfinekatan.

Untuk itu, berikut ini terdapat tips cara meramu disinfektan dari Baitul Mal Hidayatullah (BMH) Jatim Gerai Malang dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan bisa diaplikasikan di rumah.

Dijelaskan Ruwiyanto, Humas BMH Jatim Gerai Malang, jika bahan-bahan yang digunakan untuk cairan disinfektan mudah untuk didapatkan. Mulai dari pembersih lantai dari berbagai merek, cairan pemutih dari berbagai merek. Kemudian, selain bahan tersebut, masih ada satu bahan lagi yakni karbol yang juga bisa menggunakan berbagai merek.

Namun dalam percobaan  ini, menggunakan merek vixal, dari BHM Jatim Gerai Malang menggunakan cairan pembersih lantai dari So-Klin, Cairan Pemutih dari Proclean dan Karbol dari merek Vixal.

Untuk peralatan yang dibutuhkan untuk meramu satu litet cairan disinfektan, dijelaskan Ruwiyanto, masyarakat harus menyiapkan sebuah sendok, gayung dan sebuah timba atau bak yang bisa digunakan untuk mengaduk cairan disinfektan.

"Untuk takaran perbandingannya, cairan pemutih dua sendok makan, cairan pembersih lantai dua sendok makan dan untuk cairan karbol, hanya setengah dari tutup botol karbol," jelasnya.

Setelah itu, lanjut Ruwiyanto, kesemua bahan tersebut kemudian dicampur menjadi satu dalam sebuah wadah dan diaduk secara merata agar benar-benar tercampur. Lanjut proses berikutnya, setelah bahan tercampur, ramuan disinfektan tersebut kemudian didiamkan selama waktu kurang lebih 1 jam.

"Baru setelah satu jam cairan disinfektan siap dimasukkan kedalam alat penyemprot dan bisa digunakan untuk menyemprot kuman," terangnya.

Sementara itu, tips meramu cairan disinfektan juga diberikan Pemkot Malang melalui postingan gambar yang didalamnya tertulis komposisi pembuatan disinfektan.

Di dalam gambar yang diposting oleh Pemkot Malang tersebut, terdapat enam bahan yang bisa digunakan sebagai disinfektan. Yakni cairan pemutih, dimana mengandung zat Hipoklorit, larutan klorin yang juga mengandung Hipoklorit, karbol mengandung zat aktif Fenol, pembersih lantai mengandung Benzaikonium Klorida.

Disinfektandiamin mengandung N-(3-aminopropyl), N-dodeclypropane, 1,3 diamnie. Sementara untuk  disinfinekatan peroksida mengandung Hidrogen Peroksida.

Untuk takaran pembuatan disinfektan mengunakan bahan cairan pemutih, larutan klorin dan karbol, setiap satu liternya, takarannya sama, yakni memerlukan dua sendok makan cairan bahan baku untuk per satu liter disinfektan.

Sedangkan untuk pembuatan disinfektan dengan menggunakan Disinfektandiamin atau Disinfektan Peroksida, takarannya sesuai dengan petunjuk penggunaannya masing-masing.