Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (wanita pakai masker putih) saat memantau penyemprotan desinfektan di TPS (Hendra Saputra)
Kepala DLH Kota Malang, Rinawati (wanita pakai masker putih) saat memantau penyemprotan desinfektan di TPS (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Berbagai upaya dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang untuk mencegah penyebaran virus Corona. Salah satunya yakni dengan menyemprotkan desinfektan di kantor, tempat pembuangan sampah (TPS), pemakaman umum dan juga armada yang digunakan untuk mobilisasi. 

Virus Corona membuat semua orang di dunia khawatir akan penyebarannya, karena virus yang bermula dari Wuhan, China itu kini sudah menyebar dibeberapa negara di seluruh dunia. 

Bahkan di Indonesia saat ini juga sudah ada banyak daerah yang ditengarai menjadi zona merah terkait penyebar virus Corona. Salah satunya Kota Malang dan Kota Surabaya yang ada di wilayah Jawa Timur. 

Disisi lain, ditengah merebaknya virus yang mempunyai nama lain Covid-19 itu DLH Kota Malang harus tetap melayani masyarakat, salah satunya yakni dalam hal kebersihan. 

Oleh karena itu, Kepala DLH Kota Malang Rinawati mengatakan bahwa pihaknya saat ini rutin menyemprotkan desinfektan. "Kita semproti semua sarana prasarana yang kita gunakan, di TPS di TPA di pemakaman umum, kendaraan-kendaraan itu juga kita semproti untuk keamanan dan keselamatan bersama. Mungkin antara lain itu yang kami upayakan untuk tetap kerja tapi juga tetap aman," ungkap Rinawati. 

Intens melakukan penyemprotan desinfektan ini diharap Rinawati agar petugas yang ada di lapangan aman dari penyebar virus Corona. "Di alat-alat yang sering dipakai yang dipegang itu, minimal sehari sekali dan bisa sehari dua kali sehari," imbuhnya. 

Menurut Rinawati, sampah sangat resistance terhadap bakteri atau virus sehingga perlu adanya penyemprotan desinfektan. "Karena sampah itu kan resistance dengan penyakit, sehingga gerobak-gerobak itu pegangannya yang biasa dipegang harus di semprot desinfektan," pungkasnya. 

Sebagai informasi, Selasa (24/3/2020) Rinawati beserta jajarannya berkeliling dan memantau penyemprotan desinfektan di beberapa TPS di Kota Malang. Selain itu, juga ada pemantauan pemasangan banner larangan sementara berkunjung di taman dan hutan kota untuk mencegah penyebaran virus Corona.