Ilustrasi libur sekolah. (Foto istimewa)
Ilustrasi libur sekolah. (Foto istimewa)

MALANGTIMES - Menindak lanjuti antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di satuan pendidikan, Gurbernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengeluarkan instruksi untuk memperpanjang masa belajar siswa di rumah hingga 5 April 2020.

Dengan begitu, "libur" siswa PAUD, SD, dan SMP di Kota Malang yang semula dijadwalkan berakhir pada tanggal 29 April 2020 kini diperpanjang sampai dengan 5 April 2020.

Hal tersebut tertulis dalam surat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang yang diteken oleh Kepala Disdikbud Kota Malang Dra Zubaidah MM.

"Jadwal belajar di rumah peserta didik PAUD, SD, SMP yang sedianya berakhir pada tanggal 29 April 2020 diperpanjang sampai dengan 5 April 2020," ujarnya.

Meski demikian, Zubaidah mengimbau agar siswa-siswi tetap berada di dalam rumah dan tidak mengerjakan tugas secara kelompok.

"Kepala sekolah/guru memastikan kepada orang tua bahwa putra/putrinya untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah (pusat olahraga, rekreasi, pusat perbelanjaan dan permainan/mall), dalam masa belajar di rumah tidak mengerjakan tugas secara kelompok agar memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan efisien (tetap di dalam rumah)," bebernya.

Nah, selama masa "libur" atau masa belajar di rumah, kepala sekolah dan guru harus berkomunikasi secara intensif dengan orang tua/wali siswa untuk memberikan dukungan moral dan spiritual sepenuhnya kepada putra-putrinya.

Kepala sekolah dan tenaga kependidikan tetap melaksanakan penyelesaian administrasi pertanggungjawaban Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Dan apa bila perlu dapat melakukan pergeseran anggaran guna antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (penyemprotan disinfektan, hand sanitizer, masker)," pungkasnya.