Para personil satgas yang tengah melakukan normalisasi (Ist)
Para personil satgas yang tengah melakukan normalisasi (Ist)

MALANGTIMES - Di tengah mewabahnya virus Corona di berbagai daerah dan liburnya para pegawai di banyak instansi, pasukan Satgas Drainase Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang tetap siaga bertugas melakukan normalisasi saluran drainase di Kota Malang.

Koordinator Satgas DPUPRPKP Hari Widodo membenarkan jika saat ini Satgas DPUPRPKP Kota Malang tidak libur di tengah wabah Corona.

Hal ini tentu merupakan bentuk kesiapsiagaan Satgas mengantisipasi genangan air dari saluran drimainase atau banjir di Kota Malang.

"Kami tetap siaga memang tidak diliburkan semua, tapi dengan sistem piket," ungkap pria yang akrab disapa Benk-Benk ini, Senin (23/3/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, dari 12 personel Satgas DPUPRPKP dibagi menjadi tiga piket. 

Jika ada empat personel masuk maka yang lain libur, begitu seterusnya. 

Sehingga tim Satgas tetap siap siaga untuk melakukan normalisasi dan mengatasi genangan air.

"Normalisasi tetap jalan terus. Tapi jam kerja sekarang juga dikurangi. Jika biasanya pulang jam 16.00 WIB, kali ini pulang jam 14.00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, untuk antisipasi agar terhindar dari wabah Corona banyak hal dilakukan para personel Satgas.  

Ditegaskan Hari meskipun dalam kesehariannya mereka berjibaku dengan saluran drainase yang kumuh dan penuh sampah namun para personel usai melakukan pekerjaan normalisasi selalu mensterilisasi diri.

"Jadi di sini sesudah bekerja, kita saling mengingatkan untuk teman-teman selalu mandi yang bersih dan mensterilkan dirim Baik itu menggunakan sabun atau memakai pakaian yang bersih untuk menghindari virus," terangnya.

Terakhir, pihaknya berharap agar wabah Covid 19 ini bisa segera mereda sehingga pelayanan terhadap masyarakat khususnya terkait normalisasi saluran drainase bisa dilakukan maksimal.

"Di sini kami juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungannya. Jangan membuang sampah pada saluran drainase sehingga tidak terjadi banjir dan lingkungan tetap terjaga," pungkasnya.