Kegiatan di UIN Malang. (Doc. MalangTIMES)
Kegiatan di UIN Malang. (Doc. MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pada masa sekarang, banyak asumsi orang yang cenderung pada ilmu umum akan bergelut dengan hal-hal yang bersifat duniawi. Seperti yang terjadi di berbagai sekolah formal, perguruan tinggi dan lain-lain.

Sedangkan seseorang yang memiliki kecenderungan terhadap ilmu agama, akan terus menerus berkutat dengan kutub al-turats (kitab-kitab ulama klasik) di lembaga keagamaan, seperti pondok pesantren.

Baca Juga : Ungkapan Mahasiswa Asing UIN Malang yang Terisolasi di Kampus

 

Hal inilah yang kemudian menjadikan seseorang hanya fokus pada satu ilmu tertentu dan lemah pada bidang lainnya.

Akan tetapi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki/UIN Malang) menerobos asumsi yang telah mendarah daging dalam masyarakat Indonesia. Bahwa para ilmuwan yang profesional hanya lahir dari alumni perguruan tinggi dan agamawan hanya lahir dari kalangan pondok pesantren.

Kampus yang mempunyai ciri khas World Class University ini punya ma'had yang mengintegrasikan antara sains dan Islam. Maka tak heran jika ma'had UIN Malang menjadi ma’had percontohan PTKIN se-Indonesia.

Guru Besar dari UIN Surabaya Prof Husniyatus juga menyampaikan bahwa Mahad al Aly yang ada di UIN Malang adalah mahad yang sesuai dengan integrasi sains dan Islam yang merupakan wujud dari visi misi UIN Malang.

“Selama ini program yang ada di mahad UIN Malang sudah sesuai dengan visi misi UIN Malang yaitu mewujudkan generasi ulul alab,” kata dia saat berkunjung ke UIN Malang belum lama ini dalam Forum Group Discusion (FGD) terkait Visi Misi UIN Malang di Ruang Rektor.

Baca Juga : Tatkala Tiba-tiba Ada Orang Kejang di Kampus UIN Malang

 

Maka tak heran jika Pakar keilmuan integratif dari UMM Malang Dr H Khozin menganggap bahwa UIN Malang memiliki modal besar untuk mewujudkan keilmuan integrative.

"Dengan adanya perpaduan mahad dan Universitas yang linier, UIN Malang akan mampu mewujudkan keilmuan secara integratif yakni perpaduan Sains dan Islam,” ucapnya.

Untuk diketahui, visi misi UIN Malang yaitu mencetak Ulama’ berintelektual dan Intelektual yang Ulama’.