Pelajar yang sedang mengikuti UNBK di SMKN 1 Kota Batu, Senin (16/5/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pelajar yang sedang mengikuti UNBK di SMKN 1 Kota Batu, Senin (16/5/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Meskipun para pelajar mulai jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, libur, ada pemandangan berbeda di SMK negeri dan swasta di Kota Batu. Mereka tetap masuk sekolah di tengah ancaman virus Corona atau Covid-19.

Mereka, siswa kelas XII harus tetap masuk karena mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (16/3/2020) hingga Kamis (19/3/2020) mendatang. Terlihat para pelajar itu serius mengerjakan soal pada layar monitor tersebut.

Tetapi sebelum mereka masuk kelas, terlebih dahulu mengambil hand sanitizer. Kemudian saat dikumpulkan di lapangan ditanya kesehatan para pelajar.

“Sebelum masuk pihak sekolah menyediakan hand sanitizer, lalu kita tanya kesehatannya siswa atau tamu. Lalu doa bersama itu dilakukan setiap sesinya,” ucap Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Batu Joko Santoso.

Ia menjelaskan pencegahan itu dilakukan untuk menantisipasi tertularnya virus Corona. Bahkan tidak ada kontak fisik seperti berjabat tangan.

“Semua ini kami lakukan untuk mengantisipasi menyebarnya virus Corona. Kita lakukan pencegahan agar warga sekolah tidak ada yang terkena virus,” jelasnya.

Dari jumlah 1.539 pelajar itu terbagi dari 3 sekolah negeri dan 10 sekolah swasta. Kemudian ada dua sekolah yang harus bergabung yakni SMK Bhineka Tunggal Ika dan SMK Edit.

“Mereka bergabung karena siswa tidak ada 20 pelajar, sehingga harus bergabung dengan SMKN 1 Kota Batu,” jelas pria yang juga Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Batu.

Ujian yang berlangsung selama empat hari ke depan itu dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama pukul 07.30-09.30. Sesi ke dua pukul 10.30-12.30 dan sesi ke tiga pukul 14.00-16.00.

Pada Senin ini dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa mata pelajaran Matematika, Rabu mata pelajaran Bahasa Inggris dan hari Kamis mata pelajaran Teori Kejuaran.