Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang datang ke Kongres V Partai Demokrat bersama para perwakilan DPD Partai Demokrat seluruh Indonesia. (Foto: Instagram ahyforall)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang datang ke Kongres V Partai Demokrat bersama para perwakilan DPD Partai Demokrat seluruh Indonesia. (Foto: Instagram ahyforall)

MALANGTIMES - Kongres V Partai Demokrat yang dipersiapkan sejak hari Sabtu (14/3/2020) di Jakarta Convention Center ini banyak dinanti-nanti oleh banyak pihak, dari kalangan politisi maupun masyarakat biasa. 

Banyak yang bertanya-tanya siapakah sosok yang bakal menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum baru.

Akhirnya pada hari Minggu (15/3/2020) keluar hasil Kongres V Partai Demokrat yang diperoleh secara aklamasi yang menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum baru Partai Demokrat, yang tak lain merupakan anak kandung dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Irwan selaku juru bicara Kongres V Partai Demokrat menuturkan dikutip dari CNN, bahwa Ketua Umum Partai Demokrat yang baru telah sah terpilih,"Sah, AHY (terpilih) Ketua Umum Partai Demokrat 2020-2025,"Tuturnya pada hari Sabtu (15/3/2020).

Untuk diketahui dalam Kongres V Partai Demokrat ini jumlah suara yang dapat menentukan Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025 berjumlah 604 orang. 

Hasil Kongres V Partai Demokrat menghasilkan nama AHY sebagai Ketua Umum baru Partai Demokrat yang terpilih secara aklamasi.

Irwan juga menegaskan, bahwa seluruh peserta yang mempunyai hak suara memilih secara bulat nama AHY,"Seluruh peserta yang punya hak suara secara bulat aklamasi memilih AHY untuk memimpin Partai Demokrat,"Tegas Irwan.

Hal ini menunjukkan AHY bakal meneruskan langkah perjuangan ayahnya yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang telah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat sejak tahun 2013. 

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga memberikan sinyal, Partai Demokrat akan memiliki Ketua Umum baru yang disampaikan saat pembukaan Kongres V Partai Demokrat,"Setelah Kongres Partai Demokrat 2020 ini, kita akan memiliki dewan pimpinan partai yang baru. Saya punya keyakinan yang tinggi, di tangan para pemimpin baru nanti, masa depan Partai Demokrat akan makin cerah,"Terang SBY saat memberikan pidato pembukaan dalam Kongres V Partai Demokrat pada hari Minggu (15/3/2020).

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menjelaskan bahwa dibawah kepemimpinan yang baru, para pimpinan Partai Demokrat yang lama akan terus berjalan dan berjuang bersama,"Sebenarnya, ketika para pemimpin baru itu datang, pemimpin-pemimpin lama tidak pergi. Kami-kami akan tetap di sini dan berjuang bersama. Justru, partai kita akan makin kuat, Di manapun saya berada, apapun posisi saya, saya akan tetap berada di rumah ini,"Tandas SBY dalam sambutannya.