Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Lalu Lintas Semrawut, Dewan Sebut Kota Malang Tak Miliki Tata Transportasi Lokal

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Mar - 2020, 07:40

Anggota Komisi C DPRD Kota Malang Ahmad Fuad Rahman. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Anggota Komisi C DPRD Kota Malang Ahmad Fuad Rahman. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Lalu lintas Kota Malang menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah. Sebab, hingga sekarang, kemacetan masih banyak terjadi di berbagai titik dan banyak dikeluhkan masyarakat serta pengendara jalan. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang pun terus dituntut mencari formula yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

Anggota Komisi C DPRD Kota Malang Ahmad Fuad Rahman menyampaikan, salah satu penyebab masih semrawutnya lalu lintas Kota Malang adalah karena Dinas Perhubungan (Dishub) belum memiliki tata transportasi lokal. Padahal, tata transportasi lokal tersebur semestinya dimiliki setiap daerah.

"Tata transportasi lokal penting dimiliki. Sehingga saat mengatasi lalu lintas, nggak hanya reaksional. Tapi semua terencana dengan baik. Itu yang saya dapat saat kunjungan ke Kementerian Perhubungan," katanya.

Fuad menyebut, tata transportasi lokal semestinya harus segera dibuat. Dengan begitu, lebar jalan yang semestinya dapat diketahui. Sehingga masyarakat juga tidak akan sembarangan berjualan di pinggir jalan seperti yang banyak dikeluhkan selama ini.

Selain itu, melalui tata transportasi lokal tersebut, juga alan  ditemukan solusi lain. Salah satunya adalah keberadaan transportasi umum yang memang perlu adanya perbaikan. 

Dia berharap, Kota Malang segera merealisasikan layanan transportasi yang berbasis pada pemerintahan. Yakni sopir digaji  pemerintah dan tak lagi kejar setoran. Sehingga, transportasi umum akan berjalan sesuai ketentuan tanpa harus menunggu penumpang penuh di pinggir jalan seperti sekarang. Melalui program ini, Fuad optimistis penumpang akam kembali tertarik menggunakan transportasi umum.

Baca Juga : PSBB Jakarta, 5 Perjalanan KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Dibatalkan

"Dan paling penting lagi, trotoar untuk pejalan kaki juga harus dibenahi. Jangan hanya jalan untuk kendaraan. Pejalan kaki itu kasihan sering mengeluh," tambah politisi PKS itu.

Di sisi lain, dia juga berharap agar pemerintah di Malang Raya bertemu untuk membahas permasalahan kemacetan tersebut. Sebab, kemacetan pada dasarnya bukan hanya masalah Kota Malang, melainkan masalah bersama yang harus dicarikan solusi bersama juga. "Apalagi tol sebentar lagi operasi," tutup Fuad.

 


Topik

Transportasi malang berita-malang Lalu-Lintas-Semrawut Tak-Miliki-Tata-Transportasi-Lokal Pemerintah-Kota Anggota-Komisi-C-DPRD-Kota-Malang-Ahmad-Fuad-Rahman Dinas-Perhubungan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni