Wali Kota Malang Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pariwisata menjadi salah satu konsentrasi Pemerintah Kota Malang. Untuk menarik wisatawan, Kota Pendidikan ini bahkan berencana menghidupkan kembali sederet pasar kuno atau yang berusia lawas.

Salah satunya adalah Pasar Krempyeng, pasar kuno yang berada di kawasan Kampung Kayutangan. Pasar yang sudah dimanfaatkan dan dikelola masyarakat itu rencananya akan segera direvitalisasi.  Dengan harapan, akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, pembenahan Pasar Krempyeng menjadi salah satu konsentrasi pembangunan kawasan Kayutangan Heritage. Nantinya, pasar akan dibenahi sesuai dengan tema yang diangkat di Kampung Heritage.

"Konsepnya nanti akan menyesuaikan dengan Kayutangan Heritage. Tentunya beda dengan konsep pasar pada umumnya. Kami sangat berharap masukan dari masyarakat untuk itu," katanya.

Dia menjelaskan, pembangunan kawasan Kayutangan Heritage akan dilakukan secara bertahap. Bukan hanya koridornya saja, melainkan juga kawasan di dalam perkampungan juga akan dipercantik dan ditata sedemikian rupa.

Sementara untuk area depan akan dijadikan sebagai area yang dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Masyarakat dapat memanfaatkan kawasan tersebut dan akan dijadikan sebagai kawasan utama wisata.

"Pembangunan tidak di luarnya saja, tapi sampai masuk ke dalam kampungnya akan kami kembangkan," pungkasnya.