Bangunan tugu dan Balaikota Malang (Dok. MalangTIMES)
Bangunan tugu dan Balaikota Malang (Dok. MalangTIMES)

MALANGTIMES - Selama tiga bulan ke depan terhitung sejak Maret 2020, wisatawan yang hendak jalan-jalan ke Malang akan mendapat banyak keuntungan. Pasalnya, Kementerian Perhubungan telah memberlakukan program diskon setengah harga untuk pembelian tiket pesawat menuju 10 destinasi wisata. Malang termasuk dalam program tersebut.

Diskon yang diberikan pun terperinci dalam tiga jenis. Pertama diskon 45 persen untuk tiket penerbangan pada maskapai full service. Kedua, diskon 48 persen untuk pesawat medium class. Dan ketiga, diskon 50 persen untuk tiket pesawat maskapai low cost carrier.

Diskon berlaku untuk 25 persen dari total penumpang dalam satu penerbangan dari dan ke 10 destinasi wisata pilihan. Selain Malang, sembilan destinasi wisata pilihan lainnya meliputi Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Manado, Silangit, Tanjung Pinang, dan Tanjung Pandan.

Langkah pemberian potongan harga yang dibuat pemerintah pusat itu pun disambut positif oleh Pemerintah Kota Malang dan pelaku usaha. Program yang dibuat itu diharapkan mampu mendongkrak okupansi hotel hingga maskapai selama masa low season.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, program yang diterapkan tersebut merupakan poin positif untuk kemajuan wisata di Malang Raya.

Namun sejauh ini, pemkot memang belum mengetahui secara mendetail terkait penerapan program tersebut. "Hari ini Pak Sekretaris Daerah dipanggil ke pusat untuk merapatkan hal itu. Nanti akan diinformasikan lagi setelah ada penjelasan lebih jauh," terang Sutiaji.