Wisata anyar Lembah Indah Malang, Balesari, Ngajum, siap menjadi pariwisata favorit keluarga dan kaum milineal (Disparbud for MalangTimes)
Wisata anyar Lembah Indah Malang, Balesari, Ngajum, siap menjadi pariwisata favorit keluarga dan kaum milineal (Disparbud for MalangTimes)

MALANGTIMES - Konsep wisata perkemahan mewah atau glamping (glamour camping) kini mulai menjadi tren di Indonesia. Salah satunya, bisa dinikmati di wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum. 

Selain wisata keraton Gunung Kawi yang telah lama jadi jujugan wisatawan, wana wisata Coban Baung, dan lainnya, kini hadir wisata Lembah Indah Malang yang juga terletak di Desa Balesari.

Memiliki panorama alam indah dengan berbagai aktivitas khas perdesaan di dalamnya, siap memanjakan siapapun yang datang ke sana. Belum lagi keindahan ngarai yang hijau dengan latar pemandangan perbukitan dengan suasana sejuk yang menenteramkan.

Walau terbilang anyar, Lembah Indah Malang tak bisa dianggap sebelah mata. Destinasi ini tampaknya bakal menjadi favorit wisatawan di antara puluhan bahkan ratusan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Malang.

Destinasi ini memadukan harmoni alam wilayah Ngajum yang telah lama menjadi jujugan wisatawan dengan ketenaran Gunung Kawi yang telah melekat di benak kepala wisatawan dalam dan luar negeri. Lembah Indah Malang akan menjadi pesona lain pariwisata di Kabupaten Malang.

Tak heran, Bupati Malang Sanusi pun menyampaikan, tahun 2020 wilayah Ngajum ditarget menjadi rujukan tempat wisata.

”Targetnya pada tahun 2020, Kecamatan Ngajum akan menjadi rujukan tempat wisata. Akan terus kami kembangkan dan koordinasikan dengan perangkat desa yang ada disini (Kecamatan Ngajum). Apa yang dibutuhkan di sektor pengembangan pariwisata segera disampaikan saja, nanti akan kami bantu melalui peran dinas terkait,” ucap Sanusi.

Lantas apa sajakah yang ditawarkan Lembah Indah Malang untuk wisatawan di tengah berbagai wisata lainnya di Kabupaten Malang?

Harmonisasi alam dengan aktivitas warga perdesaan di Balesari, adalah jawaban kelebihan Lembah Indah Malang sebagai destinasi wisata baru.

Bayangkan, pemandangan gunung Kawi dengan rimbunan pepohonan dan udara segarnya. Dilengkapi dengan potensi pertanian, perkebunan, perikanan yang dikelola warga setempat. Dibalut dengan sejarah dan keramahan masyarakatnya, menjadi modal kuat sebuah wilayah menjadi destinasi wisata potensial.

Detailnya, Lembah Indah Malang adalah wilayah yang dikonsep bagi keluarga maupun generasi milenial untuk mereguk pesona alam perdesaan. Back to nature. Kemewahan yang saat ini menjadi barang langka masyarakat perkotaan.

"Konsep Lembah Indah Malang mengusung edu resort. Di mana kita memadukan landscape pemandangan yang instagramable dengan konsep edukasi di bidang pertanian, perkebunan, perikanan hingga peternakan," ucap Fadli Umam, CEO Lembah Indah Malang dari Jakarta.

Wisata dengan target keluarga dan generasi milenial ini, lanjutnya, tak hanya diajak untuk menghidu aroma perdesaan nan indah saja. Tapi juga diajak untuk 'menjadi' bagian dari keindahan tersebut. 

Edukasi atas limpahan kekayaan alam di Balesari ini, akan melengkapi pengalaman wisata para wisatawan.

"Kita optimis Lembah Indah Malang akan jadi favorit wisata di Kabupaten Malang. Kolaborasi harmoni alam dengan gunung Kawi yang secara branding telah kuat dan wisata edukasi yang diusung akan melengkapi wisata ini," ujar Fadli.

Wisata Lembah Indah Malang yang dibangun di lahan seluas 18 hektar (ha). Walau menjual pemandangan alam perdesaan yang masih alami, tak abai dengan kebutuhan wisatawan saat ini.

Berbagai fasilitas di lokasi wisata dibangun untuk melengkapi kebutuhan wisatawan. Vila, glamor camping, hingga camping ground, berdiri melengkapi wisata Lembah Indah Malang. 

“Ada juga pertanian sayuran organik, hidroponik, kebun buah, peternakan dan juga pusat food and baverage,” lanjut Fadli.

Untuk menikmati berbagai fasilitas itu, wisatawan tak perlu takut untuk merogoh kocek terlalu dalam. Walau konsep resort yang identik dengan tempat liburan kalangan atas, Lembah Indah Malang hanya mengenakan tarif masuk sebesar Rp 15 ribu per orang.

"Jadi tak perlu takut dengan tiket wisata. Segmen kami keluarga dan generasi milenial. Jadi konsep resort di sini kita hadirkan untuk menghapus juga image mahal. Kalangan middle low bisa juga menikmatinya di sini," ujarnya.

Sedang untuk menuju lokasi wisata Lembah Indah Malang, bagi warga Kabupaten Malang mungkin tak lagi asing. Tapi bagi wisatawan luar daerah bisa menggunakan navigasi dari Google Maps. 

Jalur jalan menuju ke lokasi pun sudah terbilang mulus, dan nyaman ditempuh, baik memakai roda dua maupun empat. Walau tentunya karena merupakan daerah pegunungan, tanjakan dan kelokan menjadi bagian yang akan dilalui para wisatawan.