Wisatawan saat menikmati keindahan Kampung Warna-warni di Kota Malang (foto dok MalangTIMES)
Wisatawan saat menikmati keindahan Kampung Warna-warni di Kota Malang (foto dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sejak virus Corona merebak dan menjadi bahan perbincangan dunia, pemerintah Indonesia mulai memberlakukan diskon untuk travelling. Tercatat ada 10 wilayah yang sudah ditetapkan, salah satunya di daerah Malang.

Diskon yang dimaksud saat ini adalah diskon untuk tiket pesawat karena banyak yang takut berpergian ke negara lain setelah banyak pemberitaan virus Corona.

Pemberlakukan diskon tiket pesawat itu diharapkan untuk menjaga stabilitas pariwisata di Indonesia, karena sejak ada kabar virus Corona beberapa negara juga mengkhawatirkan pariwisata nya lesu bahkan sepi pengunjung.

Untuk diketahui, besaran diskon tiket pesawat ada tiga tipe, yakni low cast carrier sebesar 50 persen, medium class sebesar 48 persen dan terakhir full service sebesar 45 persen.

Dari semua itu diskon diberikan untuk 25 persen jumlah penumpang dalam satu pesawat dan berlaku selama tiga bulan.

Pengelola Kirana Tour and Travel, Immanuel Osiyo mengungkapkan bahwa dengan adanya isu virus Corona membuat sektor pariwisata terdampak dan bisa dikatakan lesu.

"Saat ini dampaknya memang sangat-sangat besar untuk operator outbond dan inbond, operator atau travel yang sudah membayar DP untuk penerbangan, hotel, dan lainnya, tapi karena corona, tamu-tamu cancel berangkat karena takut," ungkap Immanuel Osiyo.

Sementara itu, untuk diskon tiket dikatakan Immanuel memang cukup bagus tapi sayang masih ada waktu yang ditentukan sehingga membuat wisatawan berfikir ulang jika harus travelling di hari aktif.

"Sedangkan untuk diskon tiket, memang sangat bagus, namun diskon tersebut tidak berlaku di akhir pekan yang notabene wisatawan banyak melakukan perjalanan di akhir pekan. Jadi kalau diskon tiket tersebut ditujukan untuk menarik wisatawan ke destinasi yang masuk kategori itu, alangkah baiknya diskon merata setiap hari tanpa embargo date," terang Immanuel.

Tujuan yang diberlakukan diskon tiket pesawat hingga 50 persen itu adalah Batam, Denpasar, Yogjakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pinang dan Tanjung Pandan.