Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ribuan Orang Berbaju Putih Terus Berdatangan Padati TPU Kasin

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

22 - Feb - 2020, 17:01

Nampak ribuan umat Islam tengah memadati lokasi untuk mengikuti ziarah bersama dan haul akbar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Nampak ribuan umat Islam tengah memadati lokasi untuk mengikuti ziarah bersama dan haul akbar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kasin, Klojen, Kota Malang, hari ini (22/2/2020), nampak dipadati oleh ribuan orang yang mayoritas mengenakan baju putih dan duduk di hampir seluruh kawasan TPU Kasin.  

Mereka merupakan umat Islam yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada juga yang datang dari luar negeri.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Kedatangan ribuan umat Islam tersebut, untuk melakukan ziarah bersama dan memperingati haul akbar Habib Abdullah bin Abdul Qadir Bil Faqih Al Alawy RA yang dimakamkan di TPU Kasin.

"Pesertanya ribuan dari berbagai daerah, bahkan hingga luar negeri, ada yang dari Yaman, Iran, Malaysia juga. Mereka datang kesini untuk ziarah bersama. Ini masih sedikit, kalau biasanya dulu dicampur ibu muslimat, tambah banyak lagi, area makam sampai penuh," ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelola Pemakaman Umum (UPT PPU), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

Adanya kegiatan ziarah bersama dan haul akbar ini, memang menjadi kesempatan untuk mengenalkan TPU Kasin, sebagai salah satu destinasi wisata religi di Kota Malang. Selain itu, melihat ribuan umat yang datang bahkan hingga luar negeri, membuktikan jika TPU Kasin merupakan TPU yang dikenal secara internasional.

"Ya ini menjadi momentum yang bagus. Selain TPU Nasrani Sukun, TPU Kasin juga menjadi TPU yang dikenal secara internasional, dengan datangnya peziarah dari luar negeri," ungkapnya.

Lanjutnya, melihat potensi yang besar, pihaknya juga berharap, agar Pemkot Malang selalu memberikan perhatian lebih dengan menyediakan infrastruktur ataupun fasilitas-fasilitas yang mendukung untuk perkembangan TPU Kasin sebagai destinasi wisata religi.

Baca Juga : HMI Kisip Brawijaya Salurkan Bantuan APD dan Handsanitizer ke RS Saiful Anwar

"Insfrastruktur harus terus diperhatikan. Bagaimana pun  juga kita merupakan tuan rumah. Kami sendiri juga berupaya menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung seperti penerangan dan lainnya untuk mendukung acaranya berjalan lancar," bebernya.

Sementara itu, pantauan di lapangan, hingga saat ini, umat Islam yang menuju TPU Kasin untuk mengikuti ziarah bersama dan haul akbar masih terus berdatangan. Adanya haul ini juga menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Banyak masyarakat yang berjualan menjajakan dagangannya, mulai dari makanan baju muslim hingga mereka yang membuka parkir kendaraan.

 


Topik

Peristiwa malang berita-malang Tempat-Pemakaman-Umum-Kasin dipadati-ribuan-orang mengikuti-ziarah-bersama haul-akbar Klojen Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus