Foto Menarmed 1/PY/2 Kostrad for JatimTimes
Foto Menarmed 1/PY/2 Kostrad for JatimTimes

MALANGTIMES - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan  TNI sangat peduli dengan lingkungan. Terlebih soal penanganan sampah. Hal itu dikarenakan bila sampah dibiarkan akan bisa merusak lingkungan.

Tak hanya itu, jika sampah dibiarkan juga akan mencemari selokan, air, serta bisa menghambat saluran irigasi. Maka, aksi peduli dan sadar untuk memilah, memungut dan membuang sampah pada tempatnya perlu ditanamkan sejak dini. Dengan demikian  generasi mendatang sadar dan mencintai lingkungan sekitarnya sejak dini.

Hal itu seperti yang dicontohkan Gubernur dan TNI beserta Perwira Staf serta rajurit Resimen Armed 1 dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020. Acara yang dilaksanakan di Taman Rekreasi Sengkaling Mulyoagung, Kecamatan Dau, pada (18/02/2020) Selasa.

Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa mengatakan aksi nyata perlu dilakukan bersama. Demi kelangsungan hidup bersama. Di momen memperingati Hari Sampah Nasional dengan mengusung tema besa "Indonesia Bersih untuk Indonesia Maju" diharapkan kesadaran dari rumah sudah dimulai.

Foto Menarmed 1/PY/2 Kostrad For JatimTimes

"Sebab, masalah ada karena dibiarkan. Maka, aksi pungut sampah dan memilah perlu diperhatikan. Cintai lingkungan agar lingkungan mencintai Anda," tegas Khofifah.

Sementara itu, Panglima Divisi 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P, M.Si, M.Tr (Han) menyatakan bahwa tujuan kegiatan untuk menyadarkan para warga bisa mengelola sampah agar hidup sehat, bersih dan bermanfaat pada lingkungan.

Foto Menarmed 1/PY/2 Kostrad for JatimTimes

Maka, upaya untuk mengurangi jumlah penumpukkan sampah perlu dilakukan. Terutama soal sampah plastik. Agar masyarakat Kota Malang  dapat melangsungkan hidup sehat dan bersih. "Juga bisa  terhindar dari bencana alam. Kesadaran diri perlu juga dipupuk. Agar generasi tumbuh benih peduli pada lingkungan," tegasnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Komandan Resimen Armed 1/PY/2 Kostrad Kolonel Arm Didik Harmono S.E. menambahkan dengan adanya aktivitas positif pada alam dan lingkungan dapat meningkatkan kepedulian semua kalangan masyarakat luas. Untuk tidak membuang sampah sembarangan, alias menjauhkan kebiasaan buruk membuang sampah, perlu sejak sekarang.

"Mari bersama-sama mengendalikan Sampah. Wujudkan Indonesia Bersih. Diawali dari kita kelola sampah untuk hidup sehat, bersih dan bermutu," pungkasnya.

Acara semakin semarak dengan adanya hiburan musik, dan beberapa pameran hasil olah sampah. Selain itu juga turut menambah kehangatan, hadir: Kasmenarmed 1/PY/2 Kostrad Letkol Arm Dodot Sugeng Hariyadi S. E, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko, para Kepala OPD Prov. Jatim, serta asisten Administrasi Kab Malang Drs. Irianto, Msi.

Kemudian, hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Arief Asiddiq, Wakil Rektor UMM, Wakil Kapolsek Dau AKP Syah Bain, dan para Perwira,Bintara serta Tamtama Menarmed 1/PY/2 Kostrad sebanyak 15 orang.