Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Prodi S2 Psikologi UIN Malang Siap Dibuka, Kolaborasikan Ilmu Psikologi dengan Ilmu Tasawuf

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Lazuardi Firdaus

07 - Feb - 2020, 16:34

Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: istimewa)
Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Akhirnya, pengajuan program studi (prodi) S2 Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) direstui oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi Dikti.

Dekan Fakultas Psikologi Dr Mahmuda pun kini tersenyum bahagia. Pasalnya, pengajuan prodi tersebut ditempuh melalui proses yang cukup panjang.

Baca Juga : Ungkapan Mahasiswa Asing UIN Malang yang Terisolasi di Kampus

Rencananya, di tahun 2020 ini, prodi S2 Psikologi UIN Malang ini akan membuka pendaftaran calon mahasiswa baru.

Mahmuda menjelaskan, terwujudnya keinginan UIN Maliki Malang untuk membuka program S2 Psikologi tidak terlepas dari upaya para dekan dan pimpinan sebelumnya.

"Awalnya, memang pengajuan perizinian ini sempat tidak terurus, dan alhamdulillah dengan izin Allah SWT akhirnya pengajuan Program Pascasarjana Psikologi terwujud," ucapnya penuh bahagia, Jumat (7/2/2020).

Tantangan yang dihadapi saat ini, sambungnya, dibutuhkan penataan pejabat struktural yang nantinya akan menjalankan program Magister Psikologi tersebut. Tim akan berkoordinasi dengan pimpinan untuk mengatur formasinya, mulai dari ketua program studinya, hingga urusan lainnya.

"Semoga dengan turunnya izin pembukaan program Magister Psikologi ini bisa menampung lulusan mahasiswa psikologi UIN Maliki untuk lanjut ke program magisternya," harapnya.

Hal itu senada dengan apa yang menjadi target UIN Malang, bahwa diupayakan setiap prodi yang ada di S1 memiliki program magister S2 di UIN Malang. Dengan demikian maka lulusan mahasiswa UIN Malang tidak bingung harus melanjutkan studinya di luar.

Sementara itu, Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg turut bersyukur atas terbitnya surat izin pembukaan Prodi Magister Psikologi di UIN Malang ini.

"Mari bersama-sama memberikan yang terbaik bagi kampus yang kita cintai ini sebagai ladang ibadah kita semua," tandasnya.

Baca Juga : Masih Siaga Covid-19, UB Mudahkan Proses Daftar Ulang Mahasiswa Baru

Sebelumnya ia menjelaskan, ke depan psikologi menjadi amat sangat penting di era industri ini.

"Karena problem kehidupan di era industri 4.0 ataupun industri 5.0 yang dihadapi umat manusia itu beragam seiring kemajuan sains dan teknologi informasi sebab membawa perubahan-perubahan yang dahsyat," paparnya.

Prodi Psikologi di UIN Malang sendiri bukan sekadar psikologi saja. Namun, psikologi yang dikolaborasikan dengan tasawuf dengan mistisisme dan spiritualitas.

"Sehingga bisa menjadi guide, bisa menjadi pengarah bagi umat manusia dalam menghadapi berbagai problem kehidupan ini," tandasnya.

 

 


Topik

Pendidikan malang berita-malang pengajuan-program-studi-prodi-S2-Psikologi-Universitas-Islam-Negeri-Maulana-Malik-Ibrahim direstui-oleh-Kepala-Biro-Hukum-dan-Organisasi-Dikti Rektor-UIN-Malang-Prof-Dr-Abdul-Haris-MAg UIN-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Lazuardi Firdaus