Ilustrasi tata ruang kota (Mediakonsumen)
Ilustrasi tata ruang kota (Mediakonsumen)

MALANGTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, bakal segera melakukan sosialisasi tata ruang kepada masyarakat di tiap kecamatan. Tujuannya untuk melakukan penataan ruang dalam rangka penataan dan pembangunan Kota Malang yang baik. 

Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang, Dahat Sihbagyanto menjelaskan, jika dalam sosialisasi nantinya diisi materi yang menyesuaikan dengan lokasi. Misalnya di Kecamatan Sukun, maka nantinya materi yang ditekankan adalah rencana detail tata ruang di wilayah Sukun.

Rencana tata ruang merupakan suatu upaya bentuk kegiatan penataan pembangunan bagi suatu wilayah secara terarah dan berkelanjutan sesuai dengan visi rencana yang telah ditetapkan Kota Malang. "Dengan fokus materi tata ruang pada daerahnya, diharapkan masyarakat bisa memahami dan jika nantinya melakukan sebuah pembangunan mereka bisa mengetahui kawasan-kawasan mana saja yang memang tak diperuntukan untuk sebuah pembangunan," jelas Dahat.

Dalam sosialisasi nantinya, tentu juga akan mencakup mengenai pengendalian bangunan. Dibuatnya aturan penataan ruang adalah untuk menata sebuah kota sebaik mungkin. Sehingga, hal tersebut memastikan tidak terjadi pelanggaran tata ruang dalam pembangunan di Kota Malang. "Jumlah penduduk yang semakin hari semakin meningkat pastinya dibutuhkan suatu cara agar lingkungan tetap terjaga , harmonis, dan nyaman untuk ditempati," paparnya

Selain mengenai materi tata ruang maupun pengendalian bangunan, Bidang Tata Ruang juga akan memberikan informasi tambahan mengenai mekanisme kepengurusan dokumen yang berkaitan tentang tata ruang. 

"Nanti juga kita sosialisasikan, bagaimana mengurus tata rencana kota, bagaimana mengurus advice planning, site plan dan sebagainya, agar masyarakat paham. Dan kami minta masyarakat melakukan kepengurusan sendiri tanpa diwakilkan," pungkasnya.