Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Rumah Pintar Pemilu Nasional Hadir di Jawa Timur Park Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

24 - Jan - 2020, 19:43

Dari kiri Ketua KPU RI Arief Budiman bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat berswafoto di RPP Jawa Timur Park 1, Jumat (24/1/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Dari kiri Ketua KPU RI Arief Budiman bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat berswafoto di RPP Jawa Timur Park 1, Jumat (24/1/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Berwisata ke Kota Batu kini semakin lengkap, bagaimana tidak? Kini Rumah Pintar Pemilu (RPP) hadir di tengah-tengah beragam pilihan wisata di Kota Batu. Tepatnya di Jawa Timur Park 1.

Dibukanya RPP di Kota Batu itu ditandai diresmikannya oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Jumat (24/1/2020).

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Diresmikannya RPP itu ditandai dengan pemukulan gong, pemotongan pita pada RPP, dan penandatangan prasasti. “RPP di Kota  Batu ini jadi RPP nasional ke 2 setelah di Taman Pintar Jogjakarta,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman.

“Program RPP sendiri telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses sosialisasi dan pendidikan bagi masyarakat di Indonesia,” imbuhnya.

Ia menambahkan berkaca dari keberhasilan RPP Nasional pertama yang didirikan di kawasan Taman Pintar Pemilu, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, RPP Nasional Jatim Park 1 juga diharapkan dapat diminati. “Agar wisatawan untuk tahu, lebih mengenal, paham pemilu dan demokrasi di Tanah Air,” tambah Arief.

Dengan hadirnya RPP Nasional bertema ‘Wisata Demokrasi dan Pemilu’ diharapkan wisatawan yang datang ke Jatim Park 1 tidak hanya menawarkan bertamasya tetapi juga mendapatkan pemahaman, pendidikan demokrasi dan demokrasi (eduwisata).  “Eksistensi rumah pintar pemilu adalah bukti komitmen lembaga untuk meningkatkan kualitas pemilih sebagai aktor utama dalam demokrasi,” ucapnya.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

“Tidak ada pemilu tanpa pemilu dan tidak akan pernah hadir dalam pemilu berkualitas tanpa pemilih yang cerdas. Membangun dan menumbuhkan pemilih yang cerdas, mandiri, dan memerlukan bantuan yang bermanfaat,” tutup Arief.

Sedangkan dipilihnya Jawa Timur Park 1 Kota Batu lantaran menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai. Untuk anggaran RPP ini sebesar Rp 422 juta anggaran tahun 2019.


Topik

Politik batu berita-batu Berwisata-ke-Kota-Batu-kini-semakin-lengkap Jawa-Timur-Park-Kota-Batu Dibukanya-RPP-di-Kota-Batu-itu-ditandai-diresmikannya-oleh Ketua-KPU-RI-Arief-Budiman Wakil-Wali-Kota-Batu-Punjul-Santoso Kota-Yogyakarta


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya