Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Anjungan Dukcapil Mandiri Siap Dihadirkan di Kota Batu Tahun Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

23 - Jan - 2020, 21:09

Petugas DIspendukcapil saat melayani masyarakat di kantor DIspendukcapil Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas DIspendukcapil saat melayani masyarakat di kantor DIspendukcapil Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Digitalisasi dan penambahan fasilitas kependudukan terus diupayakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu. Rencananya Dispendukcapil Kota Batu bakal menghadirkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Dihadirkannya ADM ini untuk mempermudah masyarakat mengurus data kependudukan. Bukan itu saja tetapi juga mendigitalisasi layanan kependudukan.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Lalu apa itu ADM? ADM adalah mesin yang mampu mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), akta kelahiran, hingga kartu keluarga dalam hitungan menit.

Sekretaris Dispendukcapil Kota Batu Kamim Tohari mengatakan mesin ini rencananya akan dihadirkan pada tahun ini. Kelebihan lainnya mesin ADM bisa memproses dokumen dalam waktu 90 detik. “Mesin ini rencananya ditempatkan di area publik agar warga mudah mengakses. Karena memang mesin ini dihadirkan agar masyarakat sadar pentingnya dokumen kependudukan,” ucapnya.

Hanya saja jika menggunakan mesin ini masyarakat harus meminta personal identification number (PIN) dari Dispendukcapil Kota Batu. Lalu mendaftarkan nomor telepon seluler (ponsel).

“Kemudian, Dispendukcapil akan memroses permintaan ini dan mengirimkan notifikasi berisi PIN ke nomor ponsel pengguna. PIN yang berupa kode respon cepat (quick response/QR) ini harus ditunjukkan dan dipindai di mesin ADM sebelum mencetak dokumen,” kata Kamim.

Baca Juga : Tangkal Covid, Pemkab Malang Sediakan Safe House di Seluruh Desa

Kode QR hanya bisa dipakai sekali. Setelah kode QR diterima oleh mesin, dokumen kependudukan bisa dicetak. Beragam fasilitas itu terus diupayakan oleh Pemkot Batu agar masyarakat bisa menjangkau lebih mudah. Dengan mudahnya menjangkau fasilitas itu untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya data kependudukan.


Topik

Pemerintahan batu berita-batu Petugas-DIspendukcapil-Kota-Batu Dinas-Kependudukan-dan-Catatan-Sipil Anjungan-Dukcapil-Mandiri-(ADM) Sekretaris Dispendukcapil-Kota-Batu-Kamim-Tohari Pemkot-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya