Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat membuka HKSN 2019 (Igoy)
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat membuka HKSN 2019 (Igoy)

MALANGTIMES - Dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke 62 2019, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang menggelar perayaan dengan mengundang para penyandang difabel, lansia dan beberapa stakeholder di halaman parkir Taman Rekreasi Kota (Tarekot) Malang, Selasa (10/12/2019).

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko yang mewakili Wali Kota Malang Drs. Sutiaji yang berhalangan hadir karena berada di Jakarta menjelaskan bahwa kegiatan HKSN ini merupakan sesuatu yang penting untuk meningkatkan wawasan antar sesama. Saling bergotong royong harus diperjuangkan, sehingga dapat diubah menjadi semangat bersama dalam kehidupan bermasyarakat.

"Ini adalah momentum untuk menghayati dan meneladani nilai gotong royong semangat kesatuan dan persatuan. Ini bentuk kesetiakawanan sosial seluruh rakyat Indonesia di berbagai masalah sosial," ujar Bung Edi (sapaan khas Sofyan Edi Jarwoko).

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat memberikan bantuan secara simbolis kepada para lansia (Hendra Saputra)

Menurut Bung Edi, peringatan HKSN 2019 ini juga harus ditularkan ke anak-anak muda di zaman sekarang. Karena di era kini tentu bisa jadi anak muda akan bisa melupakan bentuk solidaritas untuk semua manusia.

"Nilai-nilai kesetiakawanan sosial harus diteruskan ke anak muda. Apalagi era semakin canggih, saya harap tidak menurun. Terlebih tema HKSN yang diusung sekarang adalah kesetiakawanan menembus batas," katanya.

Di sisi lain, Bung Edi juga mengingatkan kepada para tamu undangan bahwa Wali Kota Malang terus berpesan agar masyarakat memiliki integritas dan bisa membantu melaksanakan proses pembangunan dalam segala hal.

"Kita sering diingatkan Bapak Wali Kota agar memiliki integritas. Integritas itu apa? Jadi yang kita pikirkan, ucapkan dan lakukan itu harus sama. Itu juga tapi butuh perjuangan untuk melaksanakannya. Untuk melestarikan dalam masyarakat seperti semangat kebersamaan, tidak boleh ada sekat agar bisa melaksanakan proses pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dilakukan pada hari ini," paparnya dalam sambutan.