Tampilan aplikasi Waregin. (Foto istimewa)
Tampilan aplikasi Waregin. (Foto istimewa)

MALANGTIMES - Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Statistika Nasional (BPS), diketahui terjadi peningkatan industri makanan rata-rata sebesar 7-14 persen per tahun dari tahun 2012 sampai dengan 2016. Salah satu usaha kuliner yang mengalami tren peningkatan adalah jasa boga atau yang lebih dikenal dengan istilah katering.

Dari data Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) hingga tahun 2016, tercatat sudah ada 30.000 katering tersebar di seluruh Indonesia. Industri ini juga memberi Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar mencapai 41,40 persen dengan pendapatan Rp 382 triliun dari total kontribusi perekonomian kreatif Rp 922 triliun pada 2016.

Baca Juga : Sistem Keamanan Rendah, Data Pribadi Rentan Bocor Saat Rapat Online Pakai Zoom

Melihat potensi itulah maka tiga mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) merancang aplikasi mobile karya bernama Waregin untuk membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya katering. Mereka adalah Tim Makan Kuy yang beranggotakan Iqbal Putra Santosa (Sistem Informasi), Abi Firmandhani (Teknologi Informasi) dan Lina Fitra (Teknik Informatika).

Tujuan dibuatnya Waregin, kata Lina, agar potensi usaha katering bisa dioptimalkan.

"Sebab dari hasil survey pada 20 responden, diketahui bahwa banyak orang tidak memesan katering karena sulitnya akses informasi terkait katering (40 persen), tidak ada rekomendasi katering pilihan (30 persen), dan sistem pemesanan katering yang dirasa sulit (30 persen)," bebernya.

Waregin sebagai platform penyedia katering, kata Lina, dibuat agar memudahkan masyarakat dalam mencari dan memesan menu katering sesuai dengan kebutuhannya.

"Aplikasi ini nantinya juga akan membantu para pelaku usaha katering dalam pengelolaan usaha dan juga sebagai media pemasaran,” imbuhnya.

Bagi konsumen, aplikasi Warekin dirancang memiliki lima fitur unggulan, yaitu (1) fitur review dan rating untuk memberi rekomendasi paket katering pilihan, (2) fitur pickup location untuk menunjukan lokasi pengantaran katering yang dipesan, (3) fitur meal plans untuk memudahkan pengguna dalam mengatur jadwal makan, (4) fitur favorit untuk memudahkan pengguna dalam berlangganan katering pilihannya, dan (5) payment gateway untuk memudahkan penguna dalam melakukan pembayaran.

Baca Juga : Butuh Bantuan Polisi, Download Saja Aplikasi Ini, Ada Infromasi DPO Juga di Dalamnya

Sementara itu, bagi produsen katering, aplikasi ini menyediakan fitur (1) pendataan pemesanan, (2) reminder pesanan untuk mengingatkan apa saja pesanan konsumen di hari tersebut, dan (3) informasi keuangan usaha.

Untuk diketahui, aplikasi Waregin sempat mendapat juara 2 kategori App Innovation dalam kompetisi tingkat nasional, Hology 2.0 (28/10/2019).

"Harapannya aplikasi Waregin bisa menjadi platform yang dapat membantu masyarakat dalam memesan katering dan dapat turut andil untuk terus meningkatkan PDB bidang subsektor kuliner," pungkas Lina.