Rusunawa Kota Malang (istimewa)
Rusunawa Kota Malang (istimewa)

MALANGTIMES - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang, lewat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rusunawa sebagai pengelola dua Rusunawa milik Pemkot Malang, terus berupaya mempernyaman para penghuni rusun.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk imbal balik atas ketertiban dalam pembayaran sewa dari para penghuni rusun, hingga akhinya UPT Rusunawa bisa memenuhi target retribusi pada 2019.

UPT Rusunawa melakukan sejumlah perbaikan fasilitas pendukung baik itu di Rusunawa Buring I maupun di Rusunawa Buring II. Pembenahan atau perbaikan fasilitas tersebut dibenarkan Kepala UPT Rusunawa, Wahyu Hidayat.

Beberapa perbaikan fasilitas mengantisipasi musim hujan, agar kawasan rusun tak bocor dilakukan UPT Rusunawa, seperti dengan memperbaiki kebocoran, memasang kanopi maupun mengubah tampilan hall depan.

"Rusun dua kami lengkapi dengan kanopi sama pintu hall depan, karena kalau hujan, airnya kadang suka masuk. Untuk Rusun satu, agar penghuni semakin nyaman untuk ibadah, kami juga lakukan perbaikan musala," jelasnya.

Lanjutnya dalam hal ini, memang bangunan rusun, bangunan komunal yang dimana pemerintah pusat dituntut cepat untuk membangunnya, sehingga banyak hal teknis yang kurang sesuai.

"Banyak hal teknis yang diakui konsultan kami harusnya seperti ini, ya perbaikan-perbaikan

kamar mandi banyak sekali, harusnya ini dikasi cor-coran, langsung dikasih kloset, sehingga bocor ke bawahnya, kalau gitu kita pasti cari jalan mengatasinya," paparnya.