Bupati Malang HM Sanusi (tengah) dan Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi (paling kiri) saat meresmikan aplikasi SIPIKA (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Bupati Malang HM Sanusi (tengah) dan Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi (paling kiri) saat meresmikan aplikasi SIPIKA (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kabar gembira bagi pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang. Jika selama ini pembayaran tagihan air masih dilakukan secara manual, yakni dengan mendatangi loket, namun kali ini tidak. 

Terhitung mulai hari ini (Senin 4/10/2019), sistem pelayanan pembayaran tangisan dari perusahaan air yang berlokasi di wilayah Kebonagung, Kecamatan Pakisaji ini, sudah bisa dilakukan secara online.

”Dengan adanya aplikasi SIPIKA (Sistem Informasi Pelayanan Integrasi UntuK Anda), berbagai pelayanan yang kami berikan bisa dilakukan secara elektronik transaksi (E-Transaksi),” kata Dirut (Direktur Utama) Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, saat memberikan sambutannya dalam agenda launching aplikasi SIPIKA, Senin (4/10/2019) siang.

Dalam agenda yang diselenggarakan di kantor Perumda Tirta Kanjuruhan tersebut, Syamsul juga menjelaskan jika terdapat berbagai pelayanan yang bisa dilakukan secara elektronik. Mulai dari sambungan rumah baru, pembayaran rekening air, buka kembali, pindah meter, ganti meter karena hilang / rusak, ganti stop kran, balik nama, hingga tangki air semua bisa diakses melalui aplikasi E-Transaksi tersebut.

”Gagasan transaksi di bidang elektronik ini, merupakan komitmen kami (Perumda Tirta Kanjuruhan) untuk terus memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan,” sambung Syamsul.

Aplikasi SIPIKA ini, lanjut Syamsul, dapat diunduh secara gratis melalui smartphone android. Caranya hanya tinggal menginstal melalui play store. Yakni tinggal menulis SIPIKA pada kolom pencarian, maka setiap user akan bisa langsung mengunduhnya.

 

 

”Misalnya bagi pelanggan yang ingin melakukan pembayaran rekening air, maka tinggal verifikasi melalui aplikasi SIPIKA setelah itu hanya perlu membayar melalui bank dan pembayaran online,” terang Syamsul.

Sejauh ini, sudah ada sedikitnya 6 bank termasuk kantor pos yang sudah bekerjasama dengan Perumda Tirta Kanjuruhan. Selain itu, para pelanggan juga bisa melakukan pembayaran melalui sarana pembayaran online. Diantaranya melalui Buka Lapak, Sopee, Bli Bli, dan lain sebagainya. ”Dengan segala kelebihan yang ada, pelanggan tidak perlu repot datang ke kantor untuk melakukan pembayaran. Semuanya bisa diakses melalui genggaman tangan (gedget),” ungkap Syamsul.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Malang HM Sanusi yang menghadiri agenda peresmian SIPIKA, mengaku sangat mengapresiasi gagasan yang diusung oleh Perumda Tirta Kanjuruhan tersebut.

”Gagasan dibidang E-Transaksi ini sesuai dengan visi misi yang disampaikan saat wawancara pemilihan Dirut, saat itu Pak Syamsul ini mengatakan jika dalam 5 bulan menjabat akan meluncurkan gagasan pembayaran berbasis elektronik. Dan hari ini (Senin 4/10/2019), sekitar 5 bulan setelah resmi menjabat janji itu ditepati,” ujar Sanusi bangga.

Salah satu kader partai PKB ini menambahkan, dengan adanya layanan berbasis elektronik. Dipastikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang. ”Pakai aplikasi SIPIKA dapat mempercepat proses pembayaran. Selain itu juga menekan biaya yang harus dikeluarkan, karena para pelanggan tidak perlu datang ke kantor maupun loket untuk membayar. Jenis transaksi semacam ini, dipastikan secara otomatis dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.