Suasana saat peluncuran layanan Arema di PN Kota Malang (ist)
Suasana saat peluncuran layanan Arema di PN Kota Malang (ist)

MALANGTIMES - Di tangan Pengadilan Negeri (PN) Kota Malang, aplikasi Whatsapp, bukan hanya sekedar untuk melakukan komunikasi chatting semata. Aplikasi Whatsapp, difungsikan lebih daripada sekedar chatting.

Pengadilan Negeri (PN) Malang meluncurkan layanan informasi peradilan yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp. Layanan informasi tersebut, diberi nama khusus khas Malang, yakni Pengadilan Arek Malang atau disingkat Arema.

Ketua PN Kota Malang, Nuruli Mahdilis, melalui Djuanto SH, selaku Humas PN Kota Malang, menjelaskan, jika upaya ini adalah untuk memberikan kemudahan pada masyarakat. Pasalnya saat ini, beberapa kalangan masyarakat kebanyakan enggan untuk mengakses website. "Saat ini kan banyak yang menggunakan Whatsapp, makanya kita manfaatkan itu untuk memberikan informasi pada masyarakat," paparnya.

Untuk menggunakan atau ingin memperoleh informasi melalui Arema, dijelaskan Djuanto jika caranya cukuplah simpel. masyarakat hanya perlu menambahkan kontak nomor khusus dari PN Kota Malang, yakni  +62 813-3503-5358.

"Setelah itu, cukup mengetik Halo Arema, nanti akan dibalas otomatis oleh admin dengan respons yang cepat. Di situ akan ada panduan untuk bagaimana memperoleh informasi tertentu," paparnya.

Lanjutnya, ia mencontohkan, misalnya masyarakat membutuhkan informasi mengenai tilang, masyarakat cukup mengetikkan informasi tilang pada kolom chat. Dari situ, admin akan merespons dengan memberikan balasan berupa informasi data tilang, baik itu denda maupun jadwal pengambilannya.

"Masyarakat luar kota yang misalnya kebingungan dalam memperoleh informasi bisa langsung memanfaatkan layanan itu, sehingga tak perlu untuk langsung ke PN Kota Malang. Selain informasi itu, masih ada informasi lain yang bisa didapatkan" terangnya.

Sementara itu, saat ini, inovasi layanan PN Kota Malang ini masih terus dikembangkan dengan jenis pelayanan-pelayanan lain yang akan semakin memudahkan masyarakat.