Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Lahan Terbakar TPA Supit Urang Semakin Lebar, Radius Kepulan Asap Meluas

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Heryanto

19 - Oct - 2019, 11:26

Kondisi terkini kebakaran TPA Supit Urang, Kota Malang (Istimewa).
Kondisi terkini kebakaran TPA Supit Urang, Kota Malang (Istimewa).

MALANGTIMES - Lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang yang terbakar Jumat (18/10/2019) semakin meluas. Hingga Sabtu (19/10/2019), tercatat sudah 10 hektare lahan yang terbakar. Hal itu menyebabkan kepulan asap semakin tebal.

Baca Juga : Musim Melaut, Para Nelayan yang Berlabuh di Kabupaten Malang Bakal Disemprot Antiseptik

Plt Kepala UPT Damkar Kota Malang, Antonio Viera menyampaikan, penyebab kebakaran adalah gas metan yang terkena terik matahari. Lantaran tiupan angin yang kencang, api begitu cepat menjalar dan membakar lebih banyak lagi sampah yang didominasi oleh plastik itu.

"Saat ini memang lahan yang terbakar semakin luas," katanya saat dihubungi MalangTIMES, Sabtu (19/10/2019).

Dia menyampaikan, untuk proses pemadaman saat ini masih dilakukan petugas pemadam kebakaran Kota Malang. Total ada 30 petugas yang diterjunkan. Sementara, untuk air yang digunakan pemadaman menggunakan air sungai yang dekat dengan kawasan Kelurahan Mulyorejo.

Anton menyampaikan, pemadaman sementara masih dilakukan pemadam kebakaran Kota Malang terlebih dulu. Jika api menjalar semakin luas maka pihaknya akan meminta bantuan kepada Damkar Kabupaten Malang.

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

"Saat ini kami sebisa mungkin memadamkan api. Jika memang semakin meluas kami meminta bantuan kepada Damkar Kabupaten Malang," imbuhnya.

Lebih jauh Anton menjelaskan jika kondisi api yang membesar berdampak pada kepulan asap. Bahkan, radius kepulan api saat ini sudah merembet semakin jauh. Dia pun mengimbau agar masyarakat, utamanya yang rumahnya dekat kawasan TPA Supit Urang untuk mengenakan masker.

"Juga perhatikan jarak pandang karena kepulan nya semakin tebal," imbuhnya.


Topik

Peristiwa malang berita-malang kebakaran-TPA-Supit-Urang Plt-Kepala-UPT-Damkar-Kota-Malang Antonio-Viera kebakaran-Kabupaten-Malang bencana-kebakaran-


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Heryanto