Para dosen dan mahasiswa Pasca Sarjana Unikama saat visiting study ke universitas di Malaysia (Unikama for MalangTIMES)
Para dosen dan mahasiswa Pasca Sarjana Unikama saat visiting study ke universitas di Malaysia (Unikama for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Berangkat dari komitmen ingin meningkatkan kualitas lulusannya, khususnya lulusan pasca sarjana, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memberangkatkan 10 dosen dan  25 mahasiswanya ke Malaysia.

Di Malaysia, mulai 7 Oktober 2019 sampai 11 Oktober 2019, para dosen dan mahasiswa melakukan visiting study ke tiga universitas yang ada. Tiga universitas tersebut yakni Universitas Kebangsaan Mayalsia, Universitas Malaysia dan Universitas Tun Abdul Razak.

"Memang semua berangkat dari komitmen pascasarjana Unikama, untuk terus meningkatkan potensi dan kualitas lulusannya dengan mengirimkan dosen dan mahasiswa visiting study ke tiga universitas di Malaysia," papar Rusfandi, MA., Ph.D Wakil Direktur Bidang Akademik (17/10/2019).

Dalam visiting study tersebut, lanjutnya, terdapat dua program yakni program untuk mahasiswa maupun program untuk dosen. 

Program untuk mahasiswa, mereka melakuan site in program, dimana para mahasiswa Unikama masuk mengikuti kelas-kelas yang ada di masing-masing universitas di Malaysia tersebut.

"Jadi para mahasiswa masuk bareng dengan dosen dan mahasiswa Internasional di sana. Dan harapannya dengan itu, para mahasiswa bisa punya wawasan baru, tahu bagaimana kuliah di luar negeri, sehingga mereka wawasan keilmuan mereka juga bisa bertambah," jelasnya.

Sementara itu, program dosen, Unikama menginisiasi kerjasama dengan masing-masing perguruan tinggi, belajar dan saling bertukar informasi mengenai pengelolaan pasca di kampus-kampus tersebut.

"Kami mencoba menginsiasi program visiting lecture,  tukar dosen, mungkin selama beberapa bulan dosen bisa mengajar di sana, ataupun dosen dari Malaysia bisa mengajar ke sini," paparnya.

Selain itu, pihak Unikama juga mengupayakan research collaboration, sampai mengerucut ke tema penelitian yang akan dilakukan bersama universitas di Mayalsia. Dan akan segera ditundaklanjuti.

"Kami juga berupaya menjalin kerjasama masalah keynote speaker, karena kadangkala untuk mendapatakan keynote speaker Internasional sedikit sulit.  Dengan kerjasama ini harapannya bisa semakin mudah mendapatkannya," pungkasnya.

"Kita juga mengunjungi fasilitas di kampus sana sehingga kami bisa mendapatkan gambaran bagaimana pengembangan pasca di Unikama," pungkasnya.