Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Mahasiswa Pascasarjana Unikama Tingkatkan Kemampuan Membuat Artikel Ilmiah dan Kepemimpinan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Oct - 2019, 16:17

Kegiatan workshop Peningkatan Kualitas Akademik Mahasiswa Program Pascasarjana Unikama. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kegiatan workshop Peningkatan Kualitas Akademik Mahasiswa Program Pascasarjana Unikama. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) tak berhenti meningkatkan kualitas para lulusan program pascasarjana agar semakin lebih baik. Khususnya dalam membuat artikel ilmiah dan kepemimpinan. 

Baca Juga : Dampak Covid-19, Beasiswa LPDP ke Luar Negeri Ditunda Tahun Depan

Sehubungan hal itu, terbaru, Unikama menggelar workshop bertajuk "Peningkatan Kualitas Akademik Mahasiswa Program Pascasarjana Unikama" pada Kamis (17/10/2019).

Tiga pemateri yang berpengalaman pada bidangnya hadir dalam workshop tersebut. Yakni Dr Sugeng Haritanto MM yang merupakan wakil ketua pengelola jurnal manajemen se-Indonesia. Kemudian motivator Dr Arief Alamsyah Nasution MARS yang juga merupakan dosen UB (Universitas Brawijaya),  dan pengelola jurnal Engelbertus Kukuh Wijaymoko MPd.

Kepala Prodi (Kaprodi) Jurusan IPS Dr Lilik Sri Hariani MAk  yang juga merupakan ketua pelaksana workshop menjelaskan,  kegiatan ini merupakan salah satu program pascasarjana untuk selalu meningkatkan kemampuan para mahasiswa.

Workshop ini diisi dengan beberapa materi. Misalnya artikel ilmiah maupun materi mengenai jiwa kepemimpinan.

"Kalau untuk tujuan utama dalam pemberian materi artikel ilmiah ini, tentunya agar mahasiswa bisa semakin lebih baik dalam menulis artikel hingga nantinya terpublis. Sehingga tidak hanya sekadar menulis saja. Selain itu, ada  seminar mengenai kepemimpinan mahasiswa kami banyak yang menjadi guru, sehingga diharapkan untuk bagaimana para mahasiswa ini bisa menjadi pemimpin yang baik," ungkap nya.

Rangkaian lainnya,  akan ada kegiatan klinis proposal. Terkait kegiatan itu, para peserta yang mengikuti yudisium diwajibkan untuk mengantongi surat persetujuan atau acc dari dosen pengklinis proposal. Surat persetujuan nanti merupakan salah satu syarat untuk mengambil ijazah.

"Dan itu sudah kami bagi. Masing-masing dosen hanya mengklinis lima sampai empat mahasiswa saja. Ada 10 dosen yang dilibatkan," kata Lilik.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Unikama Dr Endah Handayani juga mengatakan hal yang senada dengan Lilik. Yaitu,  Unikama selalu berkomitment  bisa mencetak lulusan yang punya kualitas jauh lebih baik.

"Kami selalu berbenah, memberikan penguatan-penguatan. Salah satunya adalah materi penyusunan artikel yang selama ini jadi persoalan. Tapi dengan aturan pemerintah mengenai kewajiban menyusun artikel, maka kita semakin serius dalam menyiapkan para mahasiswa agar bisa menulis artikel menjadi lebih baik lagi daripada periode sebelumnya," papar Endah.

Setelah itu, nantinya artikel para mahasiswa juga akan dimasukan dalam Jurnal Penelitian Pendidikan IPS (JPPI) dan seminar nasional yang mewadahi artikel para mahasiswa. "Seminar nasional ini merupakan Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT), direncanakan digelar tahun 2020," pungkas Endah.


Topik

Pendidikan malang berita-malang workshop-Peningkatan-Kualitas-Akademik-Mahasiswa-Program-Pascasarjana-Unikama Universitas-Kanjuruhan-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni