Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menarikan senam Mubeng Batu di Stadion Brantas Kecamatan Batu, Kamis (18/10/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menarikan senam Mubeng Batu di Stadion Brantas Kecamatan Batu, Kamis (18/10/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Pemerintahan Jawa Timur ke 74 dan Kota Batu ke 18 tahun 2019 bertajuk ‘Berdaya Desaku, Berjaya Kotaku’, Wali Kota Batu ajak seluruh peserta upacara berjoget di Stadion Brantas Kecamatan Batu, Kamis (18/10/2019).

Kali ini Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Kepala BNN Kota Batu AKBP Mudawaroh, Ketua DRPD Kota Batu Asmadi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Aparatur Sipil Daerah, dan sebagainya asyik menari bersama di tengah lapangan.

Di akhir upacara peringatan HUT Kota Batu tersebut mereka menari Maumere dan Senam Mubeng Batu. Senam Mubeng Batu ini merupakan senam khas dari Kota Batu.

Gerakan yang dipraktikkan pun cukup mudah dan nyaman karena merupakan gerakan senam rekreasi. Bahkan mereka terlihat santai dan menikmati senam di tengah teriknya matahari.

Selain itu yang membuat khas karena lagunya ‘Lagu Mubeng Batu’ memiliki lirik  yang menyebutkan satu persatu 24 desa dan kelurahan di Kota Batu. “Senam ini dari Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (Perwosi) Kota Batu,” kata Dewanti.

Mereka pun menikmati tarian itu dengan penuh semangat. Dibalut dengan candaan, mereka menghabiskan waktu kurang lebih selama 15 menit, dengan dua lagu. “Ini merupakan cara kami untuk mengguyubkan ASN, forkopimda, dan semua jajaran,” imbuhnya.

Menurutnya ini untuk merajut kebersamaan agar tetap guyub untuk membangun Kota Batu lebih baik. “Ingin ada sesuatu yang beda, ASN juga ikut terlibat,” tutup perempuan yang juga politisi DPD PDIP Jawa Timur.