Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dapat Bantuan Pusat, Seluruh PJU Kota Malang Diproyeksikan Diganti Tenaga Surya

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Heryanto

16 - Oct - 2019, 18:22

PJU Tenaga Surya di Keluarahan Lesanpuro, Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
PJU Tenaga Surya di Keluarahan Lesanpuro, Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES -  Kota Malang baru saja mendapat bantuan dari Kementerian ESDM berupa Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya. Pemerintah Kota Malang pun memproyeksikan ke depan seluruh penerangan jalan umum di Kota Pendidikan ini akan memanfaatkan tenaga terbarukan tersebut.

Plt Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Malang Hadi Santoso menyampaikan, saat ini baru ada 150 PJU tenaga listrik yang dimiliki setelah mendapat bantuan dari Kementerian ESDM. Tahun-tahun berikutnya, dia menegaskan tak menutup kemungkinan beberapa pembangunan PJU akan dimaksimalkan menggunakan tenaga surya.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

"Saat akan bangun PJU baru mungkin akan manfaatkan PJU tenaga surya. Bahkan, mungkin juga PJU yang ada akan digantikan dengan PJU tenaga surya," kata pria yang akrab disapa Sony itu pada MalangTIMES, Rabu (16/10/2019).

Dia menyebut, pembuatan PJU Tenaga Surya memang membutuhkan anggaran yang lebih besar daripada PJU tenaga listrik seperti biasanya. Meskipun begitu, PJU tenaga surya lebih efisien dan biaya perawatan jauh lebih murah.

"Awalnya saja saat bangun memang anggaran besar. Tapi untuk proses perawatan lebih mudah dan murah," jelas Sony.

Dia berharap tahun-tahun berikutnya Kota Malang kembali mendapatkan bantuan PJU Tenaga Surya tersebut. Sehingga, biaya operasional yang harus dibayarkan ke PLN jauh lebih murah.

Sony lebih jauh menegaskan PJU Tenaga Surya yang diberikan Kementerian ESDM saat ini sudah diserahterimakan kepada Pemerintah Kota Malang melalui Disperkim. Sehingga, pembiayaan dan perawatan sepenuhnya diserahkan kepada Pemkot Malang.  

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

"Berkas sudah saya tandatangani sekitar dua minggu yang lalu," pungkasnya.

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Plt-Dinas-Perumahan-dan-Permukiman-Kota-Malang-Hadi-Santoso Penerangan-Jalan-Umum-Tenaga-Surya-Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Heryanto