MALANGTIMES - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu memberikan imbauan kepada warga terkait potensi angin kencang atau puting beliung di peralihan musim seperti ini.  Tentunya hal itu bertujuan untuk menghindari adanya korban saat terjadi bencana. 

Apalagi, akhir-akhir ini angin kencang kerap melanda wilayah Kota Batu dan sekitarnya. Bahkan, akibatnya, banyak atap beterbangan maupun pohon tumbang kena angin kencang.

 "Berkenaan dengan masa masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, semakin dekat memasuki awal hujan, imbauan ini agar diperhatikan melihat kondisi ini cukup membahayakan," ungkap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim. 

BPBD Kota Batu minta warga waspada dan berhati-hati bila beraktivitas atau berkendara di jalan raya. "Meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kerusakan material bangunan seperti genting, banner, dan baliho yang berpotensi jatuh atau roboh,” ucapnya. 

Kemudian, warga diminta tidak memarkir kendaraan di bawah pohon atau baliho. Juga tidak melakukan aktivitas pembakaran di kawasan hutan atau pembakaran sampah secara sembarangan.

 “Lalu. melaporkan jika mengetahui ancaman atau potensi bahaya dan mengetahui kejadian darurat ke Posko Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu,” imbau Rochim. 

Selain itu, BPBD ingin warga meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman pohon tumbang di wilayahnya masing-masing. Sedangkan pengguna jalan diminta mewaspadai ranting atau dahan yang berpotensi patah.