MALANGTIMES - Gonjang-ganjing yang tengah melanda maskapai Sriwijaya Air tidak berpengaruh pada aktivitas layanan di Bandara Abdurrachman (Abd) Saleh di Malang. Jadwal penerbangan rute Malang-Jakarta melalui Bandara Abd Saleh terpantau masih normal.

Berdasarkan pantauan MalangTIMES, untuk besok (Jumat, 10/10/2019) ada tiga jadwal penerbangan yang tercatat. Yakni SJ 251 pukul 08.55 WIB, SJ 247 pukul 13.50 WIB, serta SJ 249 pukul 15.50 WIB. Ketiganya melayani rute Malang-Jakarta. 

Kepala UPTD Bandara Abd Saleh Malang Suharno mengungkapkan bahwa Sriwijaya Air masih beroperasi seperti biasa. "Masih beroperasi. Selama belum ada perintah langsung untuk berhenti (beroperasi, red.) dari pemerintah ya tetap. Kecuali kalau pemerintah ada instruksi, kami berhenti," ujar Suharno.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu , Sriwijaya Air direkomendasikan untuk berhenti beroperasi. Rekomendasi tersebut disampaikan oleh Direktur Kualitas, Keselamatan, dan Keamanan Sriwijaya Air Toto Soebandoro kepada Plt Direktur Utama Sriwijaya Air Jefferson I Jauwena.

Terbaru, di tengah pemberitaan terkait kualitas pesawatnya,  menghentikan sementara penerbangan rute Solo-Jakarta hingga November 2019 mendatang. Dari 14 pesawat yang dimiliki Sriwijaya Air, yang beroperasi hingga kini 11 pesawat. Suharno menyebut penurunan ini terhitung sejak Januari 2019. "Tapi semua aman, tidak ada keluhan," katanya.

Suharno menambahkan bahwa Sriwijaya Air masih melakukan penerbangan domestik dua hingga tiga kali dalam sehari. "Ya masih (terbang, red.). Cuma memang agak berkurang. Ini secara nasional kok, memang agak sepi," lanjutnya.

Hingga berita ini diturunkan, Manager Sriwijaya Air area Malang belum bisa dikonfirmasi. Baik saat dihubungi lewat telepon kantor resmi Sriwijaya Air di Malang, maupun ketika dihubungi melalui nomor pribadi.