Kegiatan Mini-workshop optimalisasi website di Fakultas Syariah UIN Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)
Kegiatan Mini-workshop optimalisasi website di Fakultas Syariah UIN Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang tengah berupaya membenahi website lembaga yang kini dalam kondisi "sakit". Pasalnya, kesinambungan antara kurikulum dengan pemanfaatan teknologi menjadi salah satu dari 9 kriteria baru akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Salah satu upayanya, yakni dengan melibatkan dosen-dosen muda untuk aktif "merawat" website fakultas dengan menggandeng MalangTIMES.com. Hari ini (27/9/2019) sejumlah dosen muda lintas jurusan mengikuti kegiatan Mini-workshop Optimalisasi Pengelolaan Website sebagai Sarana Promosi Digital di Fakultas Syariah UIN Malang yang diselenggarakan oleh Jurusan Hukum Bisnis Syariah.

Kajur Hukum Bisnis Syariah Dr Fakhruddin MHI mengungkapkan, meski workshop yang digelar dalam skala terbatas, dia berharap output kegiatan itu tidak terbatas dan bisa maksimal. "Temanya penting sekali, bukan hanya untuk jurusan tetapi juga untuk fakultas. Seperti yang diketahui, website fakultas kita saat ini sedang sakit," ujarnya.

 

"Belum ada yang mengobatinya, semoga ini bisa menjadi salah satu obat. Pengelolaan website ini sangat penting sekali untuk pusat informasi, bahkan untuk akreditasi," terangnya. Pasalnya, akreditasi jurusan juga akan berpengaruh pada akreditasi fakultas hingga universitas. Dia berharap, pada akreditasi ketiga, Jurusan Hukum Bisnis Syariah bisa mendapatkan nilai A setelah dua kali berturut-turut menyandang akreditasi B. 

Fakhruddin meminta agar nantinya para dosen muda tersebut bisa turut berpartisipasi secara aktif dalam pengelolaan website. "Maka sejak awal memang saya sangat mendukung, dan saya berharap teman-teman yang hadir bisa memberikan masukan sehingga kegiatan ini optimal. Pengelolaan website Fakultas Syariah bisa optimal dan hasilnya optimal," paparnya.

Pelaksana workshop, Rizka Amaliah mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian aktualisasi Latsar CPNS 2019. "Bukan hanya sebagai perwujudan rancangan aktualisasi, tetapi ke depannya diharapkan bisa membantu fakultas dalam mempromosikan kegiatan-kegiatan jurusan, fakultas maupun kampus," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, jurnalis MalangTIMES Nurlayla Ratri memberikan materi terkait media daring, pengelolaan konten website lembaga, optimalisasi SEO, dan pelatihan penulisan dasar berita.