Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Melihat Jejak SAKIP Kabupaten Malang, Sekda Didik Budi: Kami Berubah ke Arah Lebih Baik

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Sep - 2019, 14:09

Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono (kiri) saat memaparkan kemajuan kinerja pemerintahan di hadapan tim dari Kementerian PAN RB (dok MalangTIMES)
Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono (kiri) saat memaparkan kemajuan kinerja pemerintahan di hadapan tim dari Kementerian PAN RB (dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Berbicara Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan reformasi birokrasi (RB) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menjadi menarik bila melihat jejak dan torehannya. Dengan melihat hal itu, masyarakat akan bisa melakukan penilaian secara seimbang terkait proses perputaran roda dalam pemerintahan.

Baca Juga : Dana Perjalanan Dinas Dialihkan, Mampu Penuhi Sembako 525 Ribu KK di Kabupaten Malang

Walau tentunya tak lepas dari polemik, SAKIP telah menjadi bagian dalam proses penilaian terkait pemerintahan yang bersih, baik, dan terpercaya. Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Didik Budi Muljono yang mengatakan, SAKIP menjadi alat untuk memperlihatkan kinerja pemerintahan kepada masyarakat.

"Kami tidak menutup mata selalu ada kekurangan dalam menjalankan roda pemerintahan. Tapi, hal itu yang terus kami coba minimalisasi. Melalui SAKIP ini, kami perlihatkan kinerja  secara terukur sesuai berbagai indikator dalam penyelenggaraan pemerintahan," kata Didik Budi kepada MalangTIMES, Jumat (20/09/2019).

Didik Budi juga menyampaikan, walau masih selalu ada polemik terkait jalannya pemerintahan, dirinya menegaskan itu sebagai bagian dari dinamika dalam masyarakat. "Kami posisikan sebagai dinamika. Karena kami juga membutuhkan saran dan kritik terus-menerus dari masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, baik dan terpercaya," ujarnya.

Untuk melihat jejak penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Malang dari kacamata SAKIP selama tiga tahun belakang ini, terlihat bahwa ada upaya keras seluruh elemen untuk menuju arah yang lebih baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Hal ini diperlihatkan dari data Pemkab Malang, yakni nilai SAKIPmengalami kenaikan di rentang tahun 2016-2018. Pada  2016, Kabupaten Malang mendapatkan nilai SAKIP 62,24 dengan kategori B. Naik secara nilai dan kategori  tahun 2017, yaitu  70,52 dengan kategori BB serta kembali naik secara nilai tahun 2018 dengan angka 70,71 walau dalam kategori masih sama dengan tahun 2017 lalu, yaitu BB.

Hal ini memperlihatkan adanya kemauan dan komitmen Pemkab Malang untuk terus melakukan pembenahan. Baik dalam sisi administrasi dan keuangan yang transparan dan akuntabel maupun dari sisi pembenahan birokrasi.

Baca Juga : Ahmad Riza Patria Resmi Dilantik Wakil Gubernur Jakarta, Kerja Mulai Besok

"Setiap tahun kami lakukan perubahan. Nilai SAKIP dari Kementerian (Kementerian PAN RB, red) itu sebagai bukti kami. Walaupun tentu masih ada yang harus terus kami lakukan ke arah yang lebih baik lagi. Target kami sampai di kategori A dalam SAKIP tahun ini menjadi pelecut semangat," ujar Didik Budi.

Didik juga menjelaskan bahwa target mendapat nilai A dalam SAKIP bukan sekadar untuk penilaian. Tapi memang memberikan manfaat terhadap Kabupaten Malang.

Manfaat tersebut, misalnya, terkait anggaran yang mampu dihemat senilai  Rp 90 miliar tahun 2019. Hal ini karena pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan bisa terkontrol dan terarah untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Malang. Tercatat, dari data yang ada antara tahun 2017-2019, memang terlihat adanya pemangkasan program dan kegiatan. Misalnya tahun 2018 lalu terdapat 177 program dan 649 kegiatan menjadi 178 program dengan 178 kegiatan.

"Jadi, melalui SAKIP, kami juga bisa melihat evaluasi kelembagaan yang tepat fungsi, tepat proses, dan tepat ukuran. Ini akan membuat kinerja perangkat daerah dan ASN terukur secara akuntabel," pungkas Didik Budi.

 


Topik

Pemerintahan Jejak-SAKIP-Kabupaten-Malang Sekda-Kabupaten-Malang Didik-Budi-Muljono Pemerintah-Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni