Ilustrasi pencurian mobil pickup menggunakan kunci duplikat (megapolitan.okezone)
Ilustrasi pencurian mobil pickup menggunakan kunci duplikat (megapolitan.okezone)

MALANGTIMES - Arif Cahyono, Warga Jalan Raya Candi, Sukun, Kota Malang bisa bernafas lega. Sebab, mobil pickup miliknya yang telah hilang 29 Juli 2019, sekitar pukul 01.00 WIB, di halaman parkir ruko Griya Shanta di Jalan Raya Soekarno Hatta, kini telah kembali.

Hal itu setelah tim Resmob Polres Malang Kota berhasil menangkap pelaku pencurian mobil pickup milik Arif yakni Moh Herman, warga Sidorejo, Jabung, Kabupaten Malang pada 4 September 2019.

Kronologis hilangnya mobil pickup, bermula dari pelaku yang meminjam mobil korban dengan alasan untuk mengantarkan barang. Namun di tengah perjalanan, pelaku justru menggandakan kunci kontak mobil korban.

Setelah mengembalikan mobil tersebut, dan diparkirkan di depan ruko (29/7/2019), kemudian barulah pada dini hari (30/7/2019), pelaku baru beraksi melakukan pencurian kendaraan korban yang terparkir di depan ruko menggunakan kunci duplikat yang sudah dibuat pelaku.

Aksi pelaku sendiri juga sempat terekam CCTV, meski tak memperlihatkan jelas wajah pelaku namun bermodal rekaman CCTV dan hasil penyelidikan petugas Polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku.

"Setelah keberadaan pelaku terdeteksi, polisi langsung melakukan penangkapan yang bersangkutan di Jalan JA Suprapto, Klojen, Kota Malang," jelas Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander.

Dari tangan pelaku, diamankan barang bukti berupa kunci duplikat mobil korban dan juga mobil pickup yang dicuri pelaku serta dua plat nomor N 8487 CB yang diduga akan digunakan untuk mengganti plat nomor mobil korban guna menghindari kejaran petugas.

Pasal yang menjerat pelaku yakni pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.