Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM. (Foto: Imarorul Izzah/MalangTIMES)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM. (Foto: Imarorul Izzah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemberitaan negatif tentang pendidikan di Indonesia memang sangat banyak dan bermacam-macam. Media-media seakan lebih fokus pada kasus-kasus negatif di dunia pendidikan.

Padahal sebenarnya banyak sekali prestasi-prestasi atau hal-hal positif lainnya di dunia pendidikan. Tak terkecuali di Kota Malang.

Sayangnya, kebanyakan media kerap mengangkat pemberitaan negatif pendidikan di Kota Malang. Hal ini patut disayangkan, sebab sebenarnya hal-hal positif di lingkungan pendidikan di Kota Malang jauh lebih banyak dari pada hal-hal negatifnya.

Untuk mengimbangi berita-berita yang tersebar di luar sana itulah Dinas Pendidikan Kota Malang membuat program Journalist Camp, bekerja sama dengan Media Online Berjejaring Terbesar di Indonesia, MalangTIMES.com.

"Saya sudah membuat acara yaitu Journalist Camp untuk anak-anak. Sehingga anak-anak siswa SMP mengikuti Journalist Camp," ujarnya kepada awak media di sela acara Sosialisasi Peraturan Wali Kota Malang Nomor 45 Tahun 2019 tentang Implementasi Pendidikan Antikorupsi di Gedung Pertamina SMKN 2 Malang, Rabu (18/9/2019).

Perlu diketahui, dalam Journalist Camp, siswa-siswi SMP dilatih membuat blog, membuat vlog, diajari teknik menulis berita dan wawancara, membuat website atraktif dan digitalisasi, serta optimalisasi desain dan konten website kreatif.

"Jadi anak-anak itu disibukkan dengan menulis yang nantinya bisa membuat blog, vlog, dan lain-lain. Jadi berita yang di medsos ini berita anak-anak itu," jelasnya.

Kepada awak media Zubaidah menyampaikan, agar menghargai prestasi-prestasi dalam dunia pendidikan agar masyarakat juga tahu. Jadi pemberitaan menjadi balance (seimbang).

"Hargailah yang berprestasi. Yang baik dan yang positif di media yang digencarkan biar masyarakat tahu juga," ungkapnya.

Jadi, lanjutnya, tidak hanya berita negatif saja yang digencarkan. "Yang positif juga," pungkasnya.