Petugas saat memeriksa mobil box dalam razia cita kondisi (ist)
Petugas saat memeriksa mobil box dalam razia cita kondisi (ist)

MALANGTIMES - Kejahatan 3C alias Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor), Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dan Pencurian dengan Kekerasan (Curas), belakangan ini memang masih meresahkan masyarakat. Beberapa hari terakhir, kejadian tersebut dialami warga. Di antaranya  kejadian jambret maupun gendam yang terjadi dikawasan Kedungkandang, pembobolan kotak amal masjid di kawasan Blimbing dan pencurian kendaraan bermotor.

Untuk itu, dua Polsek jajaran Polres Malang Kota, yakni Polsek Kedungkandang dan Polsek Blimbing, melakukan razia cipta kondisi di Jalan Terusan Sulfat. Razia dilakukan selama satu setengah jam, mulai pukul 21.30 wib sampai pukul 22.30 wib (14/9/2019).

Dalam razia dan cipta kondisi tersebut, petugas menerjunkan 20 personel gabungan. Petugas melakukan pemeriksaan terhadap 63 kendaraan roda dua dan pemeriksaan 11 roda empat, khususnya mobil box yang rentan digunakan pelaku kejahatan. Dari pemeriksaan tersebut, polisi mengamankan empat kendaraan yang dicurigai ada kaitan dengan tindak kejahatan.

Kapolsek Kedungkandang, Kompol Pudjiharto menjelaskan, jika dalam razia cipta kondisi tersebut, selain berfokus pada kejagatan 3C, pihak kepolisian juga fokus terhadap penyisiran miras, narkoba maupun mereka yang membawa senjata tajam. "Untuk hasil lainnya masih nihil, belum diketemukan," jelasnya melalui laporan yang diterima MalangTIMES (15/9/2019).

Selain jajaran Polsek yang gencar melakukan razia, Polres Malang Kota juga rutin dalam melakukan patroli di lokasi-lokasi rawan yang ada di Kota Malang.

Kawasan pertokoan, khususnya toko emas maupun lokasi-lokasi tempat parkir, kawasan perumahan, kawasan kampus dan kampung rutin disasar oleh petugas guna memberikan himbauan dan memantau situasi dan kondisi keamanan. "Patroli gencar dilakukan. Termasuk peran Polisi Rw juga dimaksimalkan, turun menjaring informasi dari masyarakat sembari menjaga kondusifitas dan memberikan himbauan kamtibmas," Tambah Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander SIK, MH beberapa waktu lalu.