Seorang bocah laki-laki sampaikan unek-uneknya atas peristiwa darurat asap di Riau. (Ist)
Seorang bocah laki-laki sampaikan unek-uneknya atas peristiwa darurat asap di Riau. (Ist)

MALANGTIMES - Persoalan KPK yang begitu riuh ternyata tidak menjadikannya sebagai trending topic Indonesia di media sosial (medsos) Twitter. Walau tentunya hal itu bukan sebuah parameter terkait urgenitas sebuah persoalan. Tapi, sebuah isu yang jadi trending topic di medsos bisa juga mencirikan adanya kemendesakan untuk segera dicarikan solusinya.

Dari pantauan MalangTIMES, sampai berita ini ditulis, tagar yang merajai medsos Twitter terkait dengan "Indonesia darurat asap". Tagar itu telah diperbincangkan sebanyak 32,7 ribu warganet yang rata-rata menciutkan kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Riau, Sabtu (14/09/2019) malam kemarin.

Tidak tanggung-tanggung, karhutla  Riau yang terjadi sejak Januari-Agustus 2019 ini luasannya mencapai sekitar 40 ribu hektare. Efeknya adalah kabut asap pun melanda begitu hebatnya. Berbagai lembaga pendidikan pun diliburkan karena asap semakin menyesakkan dan berwarna kuning. Bukan hanya sekadar di Riau, saja tapi asap dari Karhutla menyerang negara tetangga. 

@UyokBack menuliskan keluhannya atas karhutla tersebut kepada Presiden Jokowi. "Paru-paru kami tidak terbuat dari baja Pak @jokowi #IndonesiaDaruratAsap," cuitnya.

Cuitannya itu pun dilengkapi dengan sebuah foto seorang anak kecil bermasker yang memperlihatkan sebuah kertas bertulisan "Paru-paru kami tidak terbuat dari baja Pak Jokowi. Kami tidak mau tutup usia di umur kami yang masih dini, masa depan kami panjang. Suatu saat nanti, kami pun mau jadi presiden seperti Bapak Jokowi. #Save Riau Jeritan Hati Riau #Riau berduka kabut asap."

Berbagai kicauan warganet pun akhirnya mempertanyakan peran pemerintah atas peristiwa tersebut. Kembali Jokowi pun kena semprot warganet yang sudah begitu resah atas kondisi itu.

@AlfandiZod berkicau: "Mana yg dulu koar koar buat janji..ayo tanggulangi ini."

@hannarayliza pun secara lugas menunjuk Jokowi. "Bapak @jokowi yang terhormat. Bagaimana ini pak persoalan Papua, pengkerdilan KPK, dan karhutla. Mengapa bangsa ini terus menerus dirundung masalah ya pak? Bapak bisa ngga sih menyelesaikan persoalan tsb? Muak saya pak setiap hari koq ada saja berita buruk. #IndonesiaDaruratAsap," cuitnya.

Warganet lainnya pun mengatakan kondisi Riau semakin memburuk dan membahayakan. Polusi atas kebakaran yang menciptakan gelombang asap telah mencapai lebih dari ambang batas normal manusia. Hal ini disampaikan oleh @deoeyi.

 "Ketika sudah diangka 503, padahal untuk manusia normal di 150. Bisa g, ditunda dulu persoalan lain. Dahulukan nyawa manusia, rakyatmu, saudara2 kami di Riau," cuitnya.

Berbagai permintaan, baik yang dilakukan melalui kritikan ataupun harapan warganet agar pemerintah bertindak ditindaklanjutinya oleh Jokowi.

Jokowi telah memerintahkan jajarannya untuk berkoordinasi dalam penanganan karhutla di wilayah Provinsi Riau. Melalui sambungan telepon, dia meminta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala BNPB Doni Monardo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala BMKG Dwikorita untuk menanganinya.

Perintah Jokowi dan tindak lanjut penanganan ini disampaikan melalui Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin. Dia  mengatakan, pemerintah telah melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) atau hujan buatan di wilayah yang terkena karhutla, Sabtu (14/09/2019) kemarin.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto  juga mengatakan akan mengirim tambahan pesawat CN-295 dan Hercules untuk kembali membuat hujan buatan dengan skala yang lebih besar. "Kita tambah pesawat untuk menebar garam langsung 3,5 ton sekaligus dengan pesawat CN, TNI," ujarnya.

Gerakan dunia maya memviralkan tagar "Indonesia Darurat Asap" terus digemakan oleh pada aktivis medsos ini. Bahkan, mereka terus menggelorakan tagar tersebut untuk jadi trending topic dunia.

Misalnya yang ditulis @MUA_HITS. "Open folbek buat 200 akun. Syarat, reply tuitan ini, jgn lupa kasi tagar #IndonesiaDaruratAsap #IndonesiaDaruratAsap. Yg gak pake tagar, mohon maaf blum bisa sy folbek, tidak melayani folbek akun porn hub, akun togog, akun judi. Let's play gaeesss," ajak akun dengan foto seorang perempuan cantik berhijab  yang memiliki pengikut 22,8 ribu ini.

@pointer_ID juga terus mengajak warganet lain untuk melambungkan tagar tersebut. "Yuuuk yg peduli dgn Bencana Kabut Asap, Bantu up..#IndonesiaDaruratAsap #IndonesiaDaruratAsap. Tunjukan kepedulian kita minimal dgn do'a & ikut bersuara agar bencana ini bisa terdengar oleh berbagai pihak sehingga penanggulangan segera diprioritaskan," cuitnya.