Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Sudah Dua Hari Bus KPK Nangkring di Balai Kota Among Tani Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

10 - Sep - 2019, 15:12

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat berada di Bus KPK saat di Balai Kota Among Tani, Selasa (10/9/2019).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat berada di Bus KPK saat di Balai Kota Among Tani, Selasa (10/9/2019).

MALANGTIMES - Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi akhirnya nangkring di Kota Batu. Bus itu hadir di Kota Batu pada 10-11 September 2019 di Balai Kota Among Tani.

Bagi masyarakat umum, baik pelajar, guru, mahasiswa, dosen, aparat pemerintahan, komunitas, dan sebagainya yang penasaran dengan bus ini bisa datang yang menjelajahi bus yang sudah nangkring di beberapa kota sebelumnya. Termasuk di Kota Malang.

Baca Juga : Didominasi Kasus Pencurian, Ratusan Napi Dibebaskan di Tengah Wabah Covid-19

Bus itu disulap layakya berada dalam sebuah kantor. Di dalamnya terdapat fasilitas komputer, buku, dan sebagainya tentunya bisa dinikmati dengan nyaman.

Bus itu memang dihadirkan KPK dengan tujuan sebagai media sosialisasi pencegahan korupsi yang merupakan upaya panjang yang harus dilakukan oleh KPK. 

KPK harus secara kongkrit berinteraksi dengan masyarakat untuk memberikan pengetahuan mengenai korupsi dan bagaimana cara melawannya.  

“Selain itu, mencegah korupsi dibutuhkan inovasi dan strategi, salah satunya dengan menghadirkan KPK secara langsung di tengah-tengah masyarakat, untuk menjembatani upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh KPK dan masyarakat umum,” kata Penasehat KPK, Sarwono Sutikno.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, baru tahun 2019 ini Kota Batu mendapatkan jatah menjadi tempat road show KPK selain Jawa Tengah dan Bali.

“Lewat media bus itu agar bisa mengedukasi dan mendekatkan diri kepada masyarakat di Kota Batu,” ungkap Dewanti.

Baca Juga : Korban Miras Oplosan di Lapangan Sampo Bertambah Satu Orang

Menurutnya, road show KPK menggunakan media bus sangatlah tepat. Sebab untuk mengupayakan pencegahan dini korupsi sejak usia sekolah. Juga menambah wawasan dan menjawab rasa pensaran masyarakat di Kota Batu tentang KPK.

Sedang pembukaan kegiatan ini, diawali dengan penanda tanganan pakta integritas sebagai zona bebas korupsi olh Wali Kota Batu. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan bus KPK, penandatangan anti korupsi, dan peninjauan stand pelayanan rintisan anti korupsi milik Pemkot Batu. 

Dalam kegiatan tersebut Kejari Kota Batu, juga dihadiri oleh Kejari Kota Batu Sri Heny Alamsari, Kapolres Batu AKBP Budi Hemranto, Ketua Sementara DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Batu.


Topik

Hukum dan Kriminalitas malang berita-malang Bus-Komisi-Pemberantasan-Korupsi Wali-Kota-Batu-Dewanti-Rumpoko Balai-Kota-Among Negeri-Bangun-Anti-Korupsi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto