Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Maraknya gerakan diet kantong plastik untuk selamatkan lingkungan tengah gencar dilakukan hampir semua orang. Aksi tersebut, nggak cuma kampanye juga bisa dilakukan mulai dari diri sendiri lho.

Salah satunya, mengenakan pakaian dengan bahan ramah lingkungan. Namun, bukan berarti pakaian ramah lingkungan nggak fashionable. Sudah banyak produk fashion yang mulai menghadirkan mode eco-friendly fashion lho.

Nah, kalian ingin mencoba produk ramah lingkungan? Produk-produk berikut ini rasanya bisa dicoba deh!

1. Sepatu Berbahan Botol Plastik

Koleksi Timberland ‘The Nature Needs Heroes’ bisa kalian gunakan. Modelnya nggak kalah keren kok dengan produk sepatu pada umumnya. Bahan yang terkandung dalam botol plastik telah diubah untuk menjadi bahan membuat sepatu, seperti bot. Ada jutaan botol air minum plastik yang telah didaur ulang untuk dijadikan sepatu Timberland tersebut.

2. Pilih Baju Berbahan Katun Organik

Bahan katun konvensional yang banyak beredar, tumbuh menggunakan bahan kimia yang menimbulkan polusi udara, air, dan tanah. Nah, sebagai gantinya, pilihlan baju dengan mode menggunakan katun organik deh. Karena jauh lebih ramah lingkungan.

Katun organik ini mampu menjaga fertilitas tanah, mengurangi penggunaan pupuk beracun, dan memastikan biodiversitas biologis pertanian. 

3. Pilih Bahan Linen

Bahan Linen juga bisa jadi pilihan lho. Karena, kain ini terbuat dari serat tumbuhan rami yang gampang menyerap keringat. Linen juga dibudidayakan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Bahkan, pakaian jenis bahan ini bakal bisa langsung dipakai setelah dicuci, anti ribet-ribet club kan? Nggak perlu repot nyalain setrika, karena akan semakin bagus jika terlihat lungset.

4. Bahan Kulit Bersertifikasi

Pilihlah produk berbahan kulit yang bersertifikasi agar ramah lingkungan. Seperti produk bersertifikasi dari Leather Working Group (LWG). Karena asosiasi ini memberi rating emas, perak, dan perunggu pada penyamakan kulit yang memenuhi aturan-aturan terkait kelestarian lingkungan.

5. Baju Berbahan Kapas Organik

Nah, yang satu ini juga bisa jadi pilihan outfit mu. Karena selama ini produksi kapas konvensional banyak menggunakan pestisida, di mana penggunaan berlebihan bisa membahayakan kesehatan manusia lho. Jadi pilih saja produk dari brand-brand fashion yang menggunakan kapas organik deh.

Bagaimana pecinta fashion? Sudah punya pilihan untuk beralih ke busana yang ramah lingkungan sebagai penunjang aktivitasmu?